SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT SELAMA KEHAMILAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS WEB

Muhammad Ridho Handoko, Neneng Neneng

Abstract


Banyak masalah yang menyebabkan angka kematian tinggi. Pertama, karena kurangnya informasi mengenai kesehatan obstetri dan ginekologi. Kedua, kurangnya pelayanan emergensi obstetrik dan neonatal dasar dan komprehensif yang dapat dijangkau secara tepat waktu oleh masyarakat yang membutuhkan. Ketiga, masih banyak yang mengatasi masalah kesehatan tersebut dengan jalan tradisional yang tidak jarang kontra-produktif dengan keadaan tubuh, sehingga bila sudah parah baru datang ke dokter. Metode naïve bayes merupakan algoritma yang mampu menerima input dalam bentuk apapun dan memiliki kecepatan dalam memproses suatu data. Setiap data baru akan dilakukan probabilitas dengan setiap class yang ada. Hasil akhir dilihat nilai yang paling tinggi, sehingga algoritma ini dirasa cukup baik untuk menentukan probabilitas dalam menentukan hasil. Pada penelitian ini algoritma naïve bayes digunakan untuk melakukan penentuan penyakit selama masa kehamilan. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan ketepatan diagnosa yang diperoleh dari perbandingan antara hasil diagnosa sistem dengan diagnosa pakar adalah sebesar 77%.

Kata Kunci: Penyakit, Kehamilan, Naive Bayes


Full Text:

PDF

References


I. G. Susrama, “Memanfaatkan Sistem Pakar Untuk Membantu Analisa Diagnosa Penyakit Obstetri Dan Ginekologi,” Dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati), Yogyakarta, 2007.

E. Turban, J. E. Aronson Dan T. P. -. Liang, Decision Support Systems And Intelligent Systems Jilid I Edisi 7, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

A. S. Puspaningrum, E. R. Susanto Dan A. Sucipto, “Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosa Penyakit Tanaman Sawi,” Informatics Journal, Vol. 5, No. 3, Pp. 113-120, 2020.

R. I. Borman Dan M. Wati, “Penerapan Data Maining Dalam Klasifikasi Data Anggota Kopdit Sejahtera Bandarlampung Dengan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer, Vol. 9, No. 1, Pp. 25-34, 2020.

P. Eko, Data Mining : Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2012.

A. Sulistyawati, Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan, Jakarta : Salemba Medika, 2012.

S. Alim, P. P. Lestari Dan Rusliyawati, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Metode Certainty Factor Pada Kelompok Tani Pt Olam Indonesia (Cocoa) Cabang Lampung,” Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, Vol. 1, No. 4, Pp. 26-31, 2020.

R. I. Borman, R. Napianto, P. Nurlandari Dan Z. Abidin, “Implementasi Certainty Factor Dalam Mengatasi Ketidakpastian Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kuda Laut,” Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi) , Vol. 7, No. 1, Pp. 1-8, 2020.

T. Sutojo, E. Mulyanto Dan V. Suhartono, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.

R. I. Borman Dan M. Wati, “Penerapan Data Maining Dalam Klasifikasi Data Anggota Kopdit Sejahtera Bandarlampung Dengan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer, Vol. 9, No. 1, Pp. 25-34, 2020.

B. S. Gandhi, D. A. Megawaty Dan D. Alita, “Aplikasi Monitoring Dan Penentuan Peringkat Kelas Menggunakan Naïve Bayes Classifier,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika) , Vol. 2, No. 1, Pp. 54-63, 2020.

S. E. Y. Putri Dan A. Surahman, “Penerapan Model Naive Bayes Untuk Memprediksi Potensi Pendaftaran Siswa Di Smk Taman Siswa Teluk Betung Berbasis Web,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika) , Vol. 1, No. 1, Pp. 93-99, 2020.

A. Sucipto, Q. J. Adrian Dan M. A. Kencono, “Martial Art Augmented Reality Book (Arbook) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), Vol. 10, No. 1, Pp. 40-45, 2021.

V. Ramadhanti Dan Permata, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System (Cms) Oscommerce Pada Situs Penjualan (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), Vol. 1, No. 1, Pp. 58-64, 2020.

Lathifah Dan Suaidah, “Penerapan Enterprise Architecture Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Togaf Di Universitas X Palembang,” Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi , Vol. 7, No. 3, Pp. 647-655 , 2020.

N. Rianto, A. Sucipto Dan R. D. Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: Sdn 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan),” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), Vol. 2, No. 1, Pp. 64-72, 2021.

D. Alita, I. Sari2, A. R. Isnain Dan Styawati, “Penerapan Naïve Bayes Classifier Untuk Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa,” Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, Vol. 2, No. 1, Pp. 17-23, 2021.

Q. J. Adrian Dan Apriyanti, “Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android,” Jurnal Teknoinfo, Vol. 13, No. 1, Pp. 51-54, 2019.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi Dan G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 5, No. 2, Pp. 297-307, 2020.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita Dan Handika, “Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri),” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti) , Vol. 5, No. 1, Pp. 328-336 , 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i1.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ridho Handoko, Neneng Neneng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.