PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI TRANSAKSI NASABAH DENGAN ALGORITMA C4.5

Desi Marlina, Muhammad Bakri

Abstract


Kegiatan peminjaman merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan koperasi simpan pinjam setiap harinya, dimana didalam nya terdapat transaksi-transaksi nasabah. Penelitian ini di khususkan untuk mengklasifikasi dalam memprediksi transaksi nasabah yang akan nunggak atau lancar dalam pembayaran angsuran  pada koperasi BMT Sahabat Rawajitu Selatan. Adapun masalah yang di hadapi pada penelitian ini adalah  koperasi BMT Sahabat Rawajitu Selatan dalam melakukan analisis-analisis setiap transaksi nasabahnya sangat lah kurang. Hal ini dapat dilihat dari adanya nasabah-nasabah yang nunggak pembayaran angsuran bahkan sampai ada nasabah yang sulit dalam melakukan pembayaran angsurannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data adalah C4.5 dengan menggunakan  data primer yang didapat dari koperasi BMT Sahabat Rawajitu Selatan  untuk proses klasifikasi. Penentuan tersebut digolongkan sebagai proses pengklasifikasian menggunakan Rapid Miner untuk klasifikasi dan menggunakan cross validation sebagai validasi akurasi data. Hasil penelitian ini adalah prediksi transaksi nasabah koperasi BMT Sahabat Rawajitu Selatan untuk menghasilkan suatu informasi, yang digunakan untuk membantu bagian pembiayaan (pinjaman) dalam menentukan nasabah mana yang kemungkinan akan nunggak ataupun lancar dalam melakukan pembayaran guna mengambil keputusan yang berkaitan dengan transaksi nasabah yang akan dilakukan oleh nasabah untuk masa yang akan datang yaitu akan nunggak ataupun lacar dalam melakukan pembayaran.

 Kata Kunci: Koprasi, Simpan Pinjam, Data Mining, Algoritma C4.5, dan Cross Validation.


Full Text:

PDF

References


H. Sulistiani And A. Tjahyanto, “Heterogeneous Feature Selection For Classification Of Customer Loyalty Fast Moving Consumer Goods (Case Study: Instant Noodle).,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., Vol. 94, No. 1, 2016.

H. Sulistiani, K. Muludi, And A. Syarif, “Implementation Of Dynamic Mutual Information And Support Vector Machine For Customer Loyalty Classification,” In Journal Of Physics: Conference Series, 2019, Vol. 1338, No. 1, P. 12050.

H. Sulistiani, “Penerapan Algoritma Klasifikasi Sebagai Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Mahasiswa,” 2018.

A. A. Aldino, D. Darwis, A. T. Prastowo, And C. Sujana, “Implementation Of K-Means Algorithm For Clustering Corn Planting Feasibility Area In South Lampung Regency,” In Journal Of Physics: Conference Series, 2021, Vol. 1751, No. 1, P. 12038.

M. Bakri, “Penerapan Data Mining Untuk Clustering Kualitas Batu Bara Dalam Proses Pembakaran Di Pltu Sebalang Menggunakan Metode K-Means,” J. Teknoinfo, Vol. 11, No. 1, P. 6, 2017.

A. A. Aldino And H. Sulistiani, “Decision Tree C4. 5 Algorithm For Tuition Aid Grant Program Classification (Case Study: Department Of Information System, Universitas Teknokrat Indonesia),” Edutic-Scientific J. Informatics Educ., Vol. 7, No. 1, 2020.

A. Nurkholis And I. S. Sitanggang, “Optimalisasi Model Prediksi Kesesuaian Lahan Kelapa Sawit Menggunakan Algoritme Pohon Keputusan Spasial,” J. Teknol. Dan Sist. Komput., Vol. 8, No. 3, Pp. 192–200, 2020.

A. Nurkholis And T. Susanto, “Algoritme Spatial Decision Tree Untuk Evaluasi Kesesuaian Lahan Padi Sawah Irigasi,” J. Resti (Rekayasa Sist. Dan Teknol. Informasi), Vol. 4, No. 5, Pp. 978–987, 2020.

N. Neneng And Y. Fernando, “Klasifikasi Jenis Daging Berdasarkan Analisis Citra Tekstur Gray Level Co-Occurrence Matrices (Glcm) Dan Warna,” Pros. Semnastek, 2017.

N. Neneng, N. U. Putri, And E. R. Susanto, “Klasifikasi Jenis Kayu Menggunakan Support Vector Machine Berdasarkan Ciri Tekstur Local Binary Pattern,” Cybernetics, Vol. 4, No. 02, Pp. 93–100, 2021.

S. Styawati And K. Mustofa, “A Support Vector Machine-Firefly Algorithm For Movie Opinion Data Classification,” Ijccs (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., Vol. 13, No. 3, Pp. 219–230, 2019.

D. Alita, I. Sari, A. R. Isnain, And S. Styawati, “Penerapan Naïve Bayes Classifier Untuk Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa,” J. Data Min. Dan Sist. Inf., Vol. 2, No. 1, Pp. 17–23, 2021.

E. Prasetyo, Data Mining Mengubah Data Menjadi Informasi. 2014.

H. Sulistiani And D. Darwis, “Penerapan Metode Agile Untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( Olap ) Pada Data Penjualan ( Studi Kasus : Cv Adilia Lestari ),” J. Coreit, Vol. 6, No. 1, Pp. 50–56, 2020.

D. Darwis, E. S. Pratiwi, And A. F. O. Pasaribu, “Penerapan Algoritma Svm Untuk Analisis Sentimen Pada Data Twitter Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia,” Edutic-Scientific J. Informatics Educ., Vol. 7, No. 1, 2020.

Z. Abidin, A. Wijaya, And D. Pasha, “Aplikasi Stemming Kata Bahasa Lampung Dialek Api Menggunakan Pendekatan Brute-Force Dan Pemograman C,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 5, No. 1, Pp. 1–8, 2021.

A. A. R. I. Aldino, “Dimensi Metrik Hasil Operasi Tertentugraf Petersen Diperumum.” Universitas Lampung, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i1.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Desi Marlina, Muhammad Bakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.