RANCANG BANGUN WEB SERVICE API APLIKASI SENTRALISASI PRODUK UMKM PADA UPTD PLUT KUMKM PROVINSI LAMPUNG

Prasetyo Bella Ramadhanu, Adhie Thyo Priandika

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi atau sistem yang dapat melakukan sentralisasi produk-produk yang dihasilkan atau dijual oleh UKM yang ada di provinsi Lampung. Sebelumnya UKM mencari bahan baku sangat sulit dikarenakan jarak yang jauh serta informasi yang sangat kurang tentang persebaran UKM yang menjual bahan baku tersebut. Lokasi penelitian di UPTD PLUT KUMKM Provinsi Lampung yang merupakan wadah pemerintah untuk melakukan pembinaan bagi UKM. Untuk membuat aplikasi ini menggunakan metode Web Service API, yang akan menghubungkan antara website dengan android mobile. Untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode Extreme Programming yang dimana website akan dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP, framework PHP Laravel, VUE JS, Java dan database MySQL. Untuk melakukan sentralisasi produk, maka dilakukan penyeleksian produk berdasarkan kategori yang ditetapkan. Pengujian terhadap aplikasi sentralisasi ini menggunakan ISO 9126 yang menguji aspek functionality dan aspek usability. Hasil dari pengujian Functionality menghasilkan nilai sebesar 96,67% dengan kesimpulan diterima secara kelayakan fungsi oleh pengguna, terakhir adalah pengujian Usability dihasilkan nilai sebesar 95,4% dengan kesimpulan secara penggunaan sudah sangat layak.


Full Text:

PDF

References


Giyarto, Selayang Pandang Lampung, 1 Penyunt., Klaten: Pt Intan Pariwara, 2008.

S. D. Riskiono Dan U. Reginal, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travelberbasis Web (Studi Kasus Smart Tour),” Jurnal Informasi Dan Komputer, Vol. 6, No. 2, Pp. 51-62, 2018.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita Dan Handika, “Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri),” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti) , Vol. 5, No. 1, Pp. 328-336, 2021.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi Dan G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 5, No. 2, Pp. 297-307, 2020.

E. B. Setiawan Dan A. T. Ramdany, Membangun Aplikasi Android Web Dan Web Service, 1 Penyunt., Bandung: Informatika, 2019.

R. Susana, A. Nugraha Dan D. Nataliana, “Perancangan Dan Realisasi Web-Based Data Logging System Menggunakan Atmega16 Melalui Http,” Jurnal Elkomika, Vol. 3, No. 1, P. 1, 2015.

M. F. Ramadhani, “Pembangunan Aplikasi Informasi, Pengaduan, Kritik Dan Saran Seputar Kota Cimahi Pada Platform Android,” Ilmiah Komputer Dan Informatika, Vol. 2, No. 1, P. 1, 2016.

J. Enterprise, Mengenal Php Menggunakan Framework Laravel, 1 Penyunt., Yogyakarta: Pt Elex Media Komputindo, 2015.

I. K. A. H. Putra, D. Pramana Dan N. L. P. Srinadi, “Sistem Manajemen Arsip Menggunakan Framework Laravel Dan Vue.Js (Studi Kasus : Bpkad Provinsi Bali),” Jurnal Sistem Dan Informatika, Vol. 13, No. 2, P. 98, 2019.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, 1 Penyunt., Yogyakarta: Andi, 2010.

L. Ariyanti, M. N. D. Satria Dan D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 1, Pp. 90-96, 2020.

D. Darwis, F. D. Apriyanti Dan E. R. Susanto, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Operasional Perusahaan (Study Kasus : Pt Sari Segar Husada),” Jurnal Teknokompak, Vol. 13, No. 1, Pp. 1-6, 2019.

A. F. O. Pasaribu, D. Darwis, A. Irawan Dan A. Surahman, “Sistem Informasi Geografis Untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Di Wilayah Kota Bandar Lampung,” Jurnal Teknokompak, Vol. 13, No. 2, Pp. 1-6, 2019.

B. D. Juniansyah, E. R. Susanto Dan A. D. Wahyudi, “Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment,” Jurnal Teknokompak, Vol. 14, No. 1, Pp. 41-46, 2020.

E. L. Rahmadani, H. Sulistiani Dan F. Hamidy, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus : Cucian Gading Putih),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 1, Pp. 22-30, 2020.

M. Destiningrum Dan Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter(Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” Jurnal Teknoinfo, Vol. 11, No. 2, Pp. 30-37, 2017.

M. I. Suri Dan A. S. Puspaningrum, “Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 1, Pp. 8-14, 2020.

N. K. R. Kumala, A. S. Puspaningrum Dan Setiawansyah, “E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus : Okonomix Kedaton Bandar Lampung),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 2, Pp. 105-110, 2020.

Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti Dan A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), Vol. 1, No. 2, Pp. 64-70, 2020.

W. D. Prayoga, M. Bakri Dan Y. Rahmanto, “Aplikasi Perpustakaan Berbasis Opac (Online Public Access Catalog) Di Smk N 1 Talangpadang,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), Vol. 1, No. 2, Pp. 183-191, 2020.

I. D. Lestari, S. Samsugi Dan Z. Abidin, “Ancang Bangun Sistem Informasi Pekerjaan Part Time Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung,” Telefortech : Journal Of Telematics And Information Technology, Vol. 1, No. 1, Pp. 18-21, 2020.

Yusmaida, Neneng Dan A. Ambarwari, “Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi) , Vol. 1, No. 1, Pp. 68-74, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prasetyo Bella Ramadhanu, Adhie Thyo Priandika, Adi Sucipto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.