ANALISIS MARKET BASKET UNTUK MENENTUKAN ASOSSIASI RULE DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TB.MENARA)

Imroatun Qoniah, Adhie Thyo Priandika

Abstract


Abstrak

Market Basket Analysi didefinisikan sebagai itemset yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan dalam suatu trasnsaksi selain itu juga digunakan untuk menganalisis pola benlanja konsumen.Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang diolah untuk mendapkat informasi dari data transaksi tersebut.TB. Menara merupakan salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan bahan bangunan serta alat pertukagan yang beralamatkan di punggur,lampung tengah.Toko ini belum mengetahui pola belanja konsumen dalam keranjang belanja. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma apriori karena algoritma ini mengurangi jumlah kandidat itemset pada awal. Dari hasil penelitian ini ditemukkan barang yang paling laku terjual untuk 1-itemset yaitu semen holcim sebesar 48%. Item untuk 2-itemset yaitu keramik dan semen holcim sebesar 19%. Assosiasi rule yaitu Ketika konsumen membeli Karet Asbes maka akan membeli Asbes dengan nilai confidence 94%,Ketika konsumen membeli Asbes maka akan membeli Paku Payu dengan nilai confidence 88%,Ketika konsumen membeli lis Keramik maka akan membeli keramik dengan nilai confidence 89%,Ketika konsumen membeli asbes maka akan membeli karet asbes dengan nilai confidence 92%

 

Kata Kunci:Data Mining,Market Basket Analysis,Association Rule,Algoritma Apriori,Rapid Miner

 


Full Text:

PDF

References


Alfiqra, Alfizi, A., & Yogi, F. (2018). Penerapan Market Basket Analysis Menggunakan Proses KDD(Knowlegde Discovery In Database.

Aprilla, Dennis, Baskoro, D. A., Ambarwati, L., & Wicaksana, I. S. (2012). Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Jakarta: Gramdia Pustaka Utama .

Brian, T., & Sanwidi, A. (2018). Implemtasi algoritma apriori untuk market basket analysis berbasis r.

Brian, T., & Sanwidi, A. (2018). Implemntasi Algoritma Apriori Untuk Market Basket Analysis Berbasis R. ELTIKOM.

Destiyanti, O. A., & E. W. (2015). ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA HASH BASED PADA MARKET BASKET ANALYSIS DI APOTEK UAD.

Elisa, E. (2018). Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu dengan Algoritma Apriori. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi).

Fitriati, D., & Musi , H. (2018). Perbandingan Algoritma Apriori dengan Algoritma FP-Growth untuk mengetahui pola penggunaan transortasi online.

Gunadi , G., & Sensune, D. I. (2012). Penerapan metode data mining market basket analysis terhadap data penjualan produk buku dengan menggunakan metode apriori dan f-growth.

Hernawati. (2018). Analysis MArket BAsket Dengan Algoritma Apriori.

Jayadi, & Patombongi, A. (2017). Implementasi Aplikasi Data Mining Pada Apotek Kimia Farma Menggunakan Algoritma Apriori. Sistem Informasi dan Tekhnik Komputer.

O. A., & E. W. (2015). Analisis Perbandingan Algoritma Apriori Dan Algoritma Hash Based Pada Market Basket Analysis Di Apotek UAD.

Putra, J. L., Raharjo, M., Sandi Armawan, T. A., Ridwan, & Prasetyo, R. (2019). Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail. Jurnal Pilar Nusa Mandiri .

Syahdan, S. A., & Sindar, A. (t.thn.). Data Mining Penjualan Produk Dengan MetodeApriori Pada Indomaret Galang Kota.

Tana, P. a., Marisa, F., & Wijaya, D. I. (2018). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algritma Apriori. Informatika Pasuruan.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Imroatun Qoniah, Adhie Thyo Priandika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.