E-Customer Relationship Management Untuk Peningkatan Mutu Layanan Akademik (Studi Kasus SMK N Unggul Terpadu Lampung Tengah)

Kurniawan Hidayat, Agung Deni Wahyudi, Lathifah Lathifah

Abstract


Adapun layanan akademik antara lain, pengolahan data siswa, pengolahan data guru, pengolahan data penilaian serta prestasi dan pelanggaran siswa diketahui bahwa pada proses pengolahan data pelanaggaran dan prestasi siswa masih diterapkan pada media buku serta penyampaian informasi melalui majalah dinding sekolah tentunya secara keseluruhan informasi tersebut masih belum dapat di lihat atau diperoleh orang tua siswa seperti pelanggaran, prestasi dan informasi berupa penilaian siswa belum sepenuhnya mampu di akses secara online dan saling terintegrasi. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem berupa extreme programming dengan pemprograman berorientasi objek. Sistem yang dihasilkan melalui proses pembangunan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database mysql yang dapat diakses secara online. Hasil dari pengembangan aplikasi berupa sistem yang dapat menginformasi data profil sekolah, kegiatan, data siswa, data guru hingga informasi pemberitahuan yang ditunjukan kepada orang tua yang bertujuan untuk menginformasi kegiatan maupaun administrasi sekolah melalui teknologi SMS Gateway. Teknologi tersebut digunakan karena SMS merupakan  fitur yang  pasti  ada  pada  setiap  ponsel, SMS  Gateway hadir sebagai media penyedia informasi berbasis SMS sebagai bentuk layanan untuk orang tua siswa.

Full Text:

PDF

References


D. A. Megawaty, S. Setiawansyah, D. Alita, and P. S. Dewi, “Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan,” Riau J. Empower., vol. 4, no. 2, pp. 95–104, 2021.

E. Subyantoro and S. D. Putra, “Pemodelan Customer Relationship Management (Crm) Perguruan Tinggi Politeknik,” J. Inform., vol. 17, no. 2, pp. 61–68, 2017, doi: 10.30873/ji.v17i2.984.

M. Saifulloh, Z. Muhibbin, and H. Hermanto, “STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH,” J. Sos. Hum., vol. 5, no. 2, 2012, doi: 10.12962/j24433527.v5i2.619.

J. Abdurahman, D. Hamdani, and P. Novantara, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut),” Nuansa Inform., vol. 12, no. 1, 2018, doi: 10.25134/nuansa.v12i1.1346.

P. Manurung and S. Sembiring, “E-crm Information System for Tapis Lampung SMEs,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1338, no. 1, p. 12051.

S. Monalisa, M. K. Jukhri, and S. Bancin, “RANCANG BANGUN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI HOTEL DENGAN FRAMEWORK OF DYNAMIC CRM Studi Kasus : Hotel Hermes One Subulussalam DESIGN OF ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP IN HOTEL INFORMATION SYSTEM WITH FRAMEWORK OF DYN,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071047.

D. A. Megawaty and M. E. Putra, “APLIKASI MONITORING AKTIVITAS AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS XYZ BERBASIS,” vol. 1, no. 1, pp. 65–74, 2020.

R. Fitriana and M. Bakri, “Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Akademik Menggunakan the Open Group Arsitekture Framework (Togaf),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, pp. 24–29, 2019.

L. Ariyanti, M. N. D. Satria, and D. Alita, “SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020.

A. F. O. Pasaribu and A. D. Wahyudi, “Used Car Sale Application Design in Car Shoowroom Using Extreme Programming,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2023.

R. D. Gunawan and F. Ariany, “Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2023.

L. Fatmawati, A. T. Priandika, and A. D. Putra, “Application of Website-Based Fieldwork Practice Information System,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, Dec. 2022, doi: 10.58602/itsecs.v1i1.2.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) © 2023 : Kurniawan Hidayat, Agung Deni Wahyudi, Lathifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.