Game Edukasi Berhitung Anak Sekolah Dasar Menggunakan RPG Maker Berbasis Mobile

Muhammad Riyan Rinaldi, Riduwan Napianto, M. Ghufroni An'ars

Abstract


Penggunaan game edukasi dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan pemahaman, dan minat anak terus meningkat, mengapa demikian karna game edukasi mempunyai daya tarik maupun kelebihan pada hal mevisualisaikan permasalahan yang real, selain itu pula game edukasi memiliki peranan penting dalam pengajaran yang cepat di pahami oleh murid yang ada di sekolah, selain menarik dan juga menyenangkan bagi anak yang memainkannya. Oleh sebab itu penulis tertarik membuat media pembelajaran menggunakan RPG Maker MV yang diharapkan dapat membantu sekolah menyediakan media pembelajaran baru yang lebih menarik agar anak tidak selalu bosan dengan pembelajaran yang hanya mengandalkan buku saja. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni GDLC atau yang biasa disebut Game Development Life Cycle,selain itu pula penulis menggunakan metode penelitian berupa tinjauan pustaka, wawancara serta observasi langsung terhadap siswa di SDN 5 Merak Batin, selain itu pula disini penulis menggunakan pengujian blackbox testing dan pengujian Beta Hasil yang di dapatkan dari aplikasi RPG Maker MV memiliki persentase yang diperoleh menunjukan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan mempunyai skala Sangat Baik.

Full Text:

PDF

References


S. Setiawansyah, Q. J. Adrian, and R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 24–36, 2021.

M. P. . Eni fariyatul Fahyuni, S.Psi, Teknologi Informasi. 2017.

R. Ramadhan, U. A. Chaeruman, and C. Kustandi, “Jurnal Pembelajaran Inovatif Pengembangan Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) di Universitas Negeri Jakarta,” J. Pembelajaran Inov., vol. 1, no. 1, pp. 37–48, 2018, doi: 10.21009/JPI.011.07.

M. Ayu, “Online learning: Leading e-learning at higher education,” J. English Lit. Educ. Teach. Learn. English as a Foreign Lang., vol. 7, no. 1, pp. 47–54, 2020.

V. H. Saputra and E. Febriyanto, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 15–23, 2019.

R. Asyhar, “Kreatif mengembangkan media pembelajaran,” 2021.

E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

A. S. Puspaningrum, S. Suaidah, and A. C. Laudhana, “MEDIA PEMBELAJARAN TENSES UNTUK ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 25–35, 2020.

F. Yulianto, F. Yulianto, Y. T. Utami, and I. Ahmad, “Game Edukasi Pengenalan Buah-buahan Bervitamin C Untuk Anak Usia Dini,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 242, 2019, doi: 10.23887/janapati.v7i3.15554.

Y. Palendera and S. D. Rizkiono, “GAME DETEKTIF RESIMEN MAHASISWA BATALYON 209 TEKNOKRAT GAJAH LAMPUNG,” J. Teknoinfo, vol. 13, no. 1, pp. 46–50, 2019.

R. R. Pratama and A. Surahman, “PERANCANGAN APLIKASI GAME FIGHTING 2 DIMENSI DENGAN TEMA KARAKTER NUSANTARA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 234–244, 2020.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

A. F. O. Pasaribu and A. D. Wahyudi, “Used Car Sale Application Design in Car Shoowroom Using Extreme Programming,” Chain J. Comput. Technol. Comput. Eng. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2023.

L. Fatmawati, A. T. Priandika, and A. D. Putra, “Application of Website-Based Fieldwork Practice Information System,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, Dec. 2022, doi: 10.58602/itsecs.v1i1.2.

F. Hamidy and I. Yasin, “Implementation of Moving Average for Forecasting Inventory Data Using CodeIgniter,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 17–23, 2023.

D. Alita and R. B. A. Shodiqin, “Sentimen Analisis Vaksin Covid-19 Menggunakan Naive Bayes Dan Support Vector Machine,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) © 2023 : Muhammad Riyan Rinaldi, Riduwan Napianto, M. Ghufroni An'ars

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.