SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

Yeni Anggraini, Donaya Pasha, Damayanti Damayanti, aan setiawan

Abstract


Orbit Station merupakan salah satu perusahaan penjual sepeda yang berada di kota Bandar Lampung. Permasalahan yang dihadapi, selama ini sistem penjualan masih mengandalkan media interaksi dengan konsumen secara langsung dan konsumen yang akan membeli harus datang ke toko secara langsung. Kendala lain, pengelolaan data pemesanan konsumen yang  tidak tersusun secara rapih, serta proses penjualan yang masih menyita banyak waktu dikarenakan pengelolaan data masih dilakukan secara manual di buku catatan, lalu akan direkap menggunakan aplikasi Ms.Excel. Sebagai solusi maka dibangunnya sistem informasi penjualan sepeda pada Orbit Station berbasis website.

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk membangun sistem informasi penjualan sepeda untuk mempermudah proses penjualan produk pada Orbit Station. Dalam pengembangan sistem ini digunakan metode waterfall yang meliputi tahap komunikasi, perencanaan, pemodelan, pengkodean dan pengujian sistem. Pada Tahap perancangan ini pengembangan sistem menggunakan PHP dan MySQL dikarenakan PHP merupakan Script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting ). PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis yang berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru/ uptodate. Dengan menggunakan program PHP, sebuah webesite akan lebih interaktif dan dinamis. PHP adalah bahasa server-side-scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Sedangkan MySQL adalah singkatan dari structur Query Language yang digunakan untuk mendefinisikan structur data, memodifikasi data pada basis data, menspesifikasi batasan keamanan (scurity), hingga pemeliharaan basis data. MySQL adalah RDBMS yang cepat dan mudah digunakan, serta sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan UML (Univiet Modeling language). UML merupakan bahasa visual untuk pemodelan dan komunikasi mengenai sebuah sistem dengan menggunakan diagram dan teks-teks pendukung.

Hasil penelitian yang didapat sistem informasi penjualan yaitu untuk memudahkan kinerja petugas dalam meningkatkan penjualan produk sepeda kepada konsumen sekaligus mempermudah petugas dalam pengelolaan data produk dan mempermudah proses pencatatan barang secara terkomputerisasi. Pengujian kelayakan sistem informasi penjualan telah berhasil diuji menggunakan teknik kuesinoer dan dikonversi berdasarkan kriteria kelayakan sistem. Beberapa hasil uji kelayakan sistem terhadap fungsional admin diperoleh nilai 100% atau layak dan  fungsional konsumen diperoleh nilai 100% atau layak.

Full Text:

PDF

References


Andini, S. & Pratiknyo, L., 2015. Perancangan Dan Implementasi Supply Chain Management (SCM) Pada CV Hayati Padang. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, Vol.1 No.1 Hal. 18-26.

Arikunto, S. & Jabar, C. S. A., 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, A. P., 2010. Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedia.

Christopel M.A.H, S., Wurijanto, T. & Sutanto, T., 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Cloud Bagi Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia (Studi Kasus: Toko ‘Toko Besar’). Jurnal Sistem Informasi, Vol.2 No.1 Hal. 52-59..

Hartono, S., 2014. Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Pada Cv. Rumah Vera. Jurnal Comtech Vol.5 No.1 Hal. 410-420.

, 2015. Aplikasi Rantai Pasok Pada Usaha Kecil Menengah Di Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, Hal.1-10.

Hutahaean, J., 2014. Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Kadir, A., 2013. Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: MediaKom.

Komarudin, Rosadi, D. & Khoiriyah, F., 2011. Rancang Bangun E-Commerce Kerajinan Tangan Batu Alam Pada Perusahaan Batu Alam (PBA) Karunia. Jurnal Computech & Bisnis, Vol.5 No.1 Hal. 24-30.

Kosasi, S., 2014. Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding SnatifFakultas Teknik – Universitas Muria Kudus, Hal. 225-232.

Ladjamudin, A.-B., 2013. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, B., 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Pressman, R., 2015. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.

Rahmawati, N. & Mulyono, H., 2016. Noni Rahmawati; Herry Mulyono;. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol.1 No.2 Hal. 104-116.

Rosa, A. & Shalaludin, M., 2016. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung.

Sadeli, M., 2014. Aplikasi Bisnis dengan PHP dan MySQL. Palembang: Maxikom.

Solikin, I., 2014. Perancangan Sistem Infomasi Penjualan Berbasis Framework Model View Controller (MVC) pada PT Thamrin Brother Cabang Oki. Jurnal Media Informatika dan Komputer, Vol.4 No.1 Hal. 174-191.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yeni Anggraini, Donaya Pasha, Damayanti Damayanti, aan setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.