SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN POSYANDU DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDY KASUS : KELURAHAN RANGAI)

Ani Armita Sari, Mahathir Muhammad

Abstract


Kelurahan Rangai merupakan salah satu kelurahan yang ada pad di Kecamatan Ketibung Lampung Selatan. Pada kelurahan ini memliki kegiatan posyandu yang terdiri dari posyandu mawar, melati, dan beberapa posyandu lainnya. Proses kegiatan posyandu yang berjalan masih dilakukan secara manual yaitu dengan dicatat kedalam buku posyandu. Pada proses yang berjalan terdapat masalah dalam proses kegiatan posyandu yaitu sering terjadi kesalahan dalam pencatatan hasil posyandu dikarnakan banyaknya buku masyrakat yang melakukan kegiatan posyandu. Metode pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming dan perancangan sistem menggunakan UML.Implementasi sistem ini menggunakan Sublime Text dan MySQL sebagai database, serta pengujian sistem menggunakan ISO 25010 Hasil yang dicapai yaitu sistem posyandu secara online pada masa pandemik Covid-19, dengan demikian masyarakat dapat melakukan konsultasi tanpa harus datang langsung untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai hasil pengujian sebesar 88.78% dengan skala “baik.


Full Text:

PDF

References


S. Widaningsih and F. K. Efendi, “Sistem Pelayanan Posyandu Berbasis Web Sebagai Sarana dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Di Posyandu Sartika Cikondang,” Media J. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 29–35, 2018.

Y. I. Nakhoda, A. Soetedjo, and K. I. C. Hartono, “Pemanfaatan Aplikasi Android Sebagai Sarana Penunjang Kegiatan POSYANDU,” Semin. Nas. Inov. DAN Apl. Teknol. DI Ind., pp. 400–405, 2016.

S. Hariyanto, “Sistem Informasi Manajemen,” pp. 80–85, 2020.

Kemenkes, “Kemenkes,” 2012.

Alfian, “An Application Of The ISO / IEC 25010 Standard In Of An Online Health Awareness System,” IJSN, vol. 5, no. 77, pp. 9–13, 2010.

A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2018.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktis. Jakarta: Elex Media, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.2215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ani Armita Sari, Mahathir Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.