ANALISIS POTENSI DAN STRATEGI PENEMBAAN EKOWISATA DAERAH PENYANGA TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

Sigit Pramono, Imam Ahmad, Rohmat Indra Borman

Abstract


Kemajuan teknologi informasi saat ini tidak dipungkiri lagi bahwa informasi menjadi salah satu sumber daya utama pada setiap oranisasi untuk meningkatkan daya saing. Penyebaran teknologi informasi sudah merambah keberbagai bidan terutama dalam bidan pariwisata.  Salah satu pariwisata yang saat ini sedang di gemari oleh masyarakat adalah kegiatan ekowisata. Taman nasional way kambas merupakan daerah konservasi sumber daya alam baik itu flora dan fauna. Taman nasional way kambas di kelilingi 39 desa penyangga, salah satunya desa braja harjosari. Desa mencanangkan diri sebagai desa wisata, namun dalam pelaksanaannya belum memiliki sistem pemasaran menggunakan teknologi Informasi sehingga potensi-potensi yang ada sulit untuk berkembang karena kurangnya penujung dan tidak memiliki daya saing yang cukup kuat untuk bersaing di era teknologi informasi saat ini. Oleh karena itu di perlukan analisis pengembanan sistem yan mampu meningkatkan potensi-potensi ekowisata dan strategi pengembangan ekowisata guna meninkatkan kunjungan dan daya saing dengan wisata sejenis. SWOT analisis menentukan pengembangan sistem promosi dengan merumuskan strategi alternatif yang dapat digunakan serta merancang suatu sistem pemasaran berdasarkan alternatif strategi yang ada. Hasil dari analisis tersebut penggunaan teknologi terletak pada kuadran 1 yang berarti desa braja harjosari harus memanfaatkan kekuatan untuk melihat peluang yang ada. Strategi pemasaran yang bisa dilakukan yaitu melalui media web yan dapat di jankau semua orang.

Full Text:

PDF

References


Fatta, H. A., 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Hadinoto & Kusudianto, 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: Ui pres.

Harjana, A. M., 2001. Traning SDM yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius.

Haris I, Ahmad I, 2016. Rancang Bangun Sistem Tiket Masuk Pada Objek Wisata Pantai Mutun. Vol. 2 No. 2. Pp. 61-71. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi

Jogiyanto, H., 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Tersetruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A., 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Revisi penyunt. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. & Triwahyuni, T. C., 2013. Pengantar Teknologi Informasi. Revisi penyunt. Yogyakarya: Andi.

Kartasapoetra, A. G. & Sutedjo, M. M., 1987. Teknologi Konservasi Tanah dan Air.. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Karyono, A. H., 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, A., SIahaan, D. O. & Wibisono, A., 2013. sistem informasi pariwisata menggunakan ontologi. teknik POMITS, 2(1), pp. A-^ - A11.

Kurniawan, P., 2016. analisis dan implementasi E-marketingsebagai media promosi dengan menggunakan metode sostec (studi kasus: konveksi AHM Bandarlampung). Bandarlampung: Perguruan TInggi Teknokrat.

Ladjamudin, A.-b. B., 2005. Analisi dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyadi, 2010. Sistem Informasi Akutansi. Jakarta: s.n.

M Mohamad, I Ahmad, Y Fernando, 2017, Pemetaan Potensi Pariwisata Kabupaten Waykanan Menggunakan Algoritma Dijkstra, Vol.3 No.2 pp.169-178. Jurnal Komputer Terapan

Nurhayati, S., 2009. Analisis Stratei Sistem Teknologi Informasi denan pendekatan Analisis SWOT. Yoyakarta, UPN "veteran", pp. E-149 - E-154.

Pressman, R. S., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Rangkuti, F., 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gamedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. & David, 2009. Strategic Management: Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Rosnawati, 2014. Analisis dan Perancangan E-Librari pada SMA Gajah Mada Bandar Lampung. bandarlampung: Perguruan Tinggi Teknokrat.

s. wearing, n. j., 2009. Ecotourism Impact, Potensial and Possibilities. Second Edition penyunt. united kingdom hungary: elsevier.

Salahuddin, M. & Rosa, A. S., 2016. Rekayasa Perangkat Runak. Bandung: Informatika.

Salahudin, M., 2015. SIG untuk memetakan daerah banjir dengan metode skoring dan pembobotan studi kasus kabupaten jepara. udinus: fasikom.

Sangadji, E. M. & Sopiah, 2010. Metode Penelitian. - penyunt. Yogyakarta: Andi.

Sayekti, H. w., 2015. Analisis Perbandingan Penilaian Kinerja Pengemudi PT Daya Mitra Serasi Menggunkan Metode Scoring Sistem dam Topsis. Bandarlampung: Perguruan Tinggi Teknorat.

Septiyani, J., 2016. Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web (Studi kasus Hotel Enggal Bandatlampung). - penyunt. Lampung: Perguruan Tinggi Teknokrat.

Society, . T. I. . E., 2000. ecotourism statistical fact sheet. USA: nort bennington.

Soemarwoto, 1985. Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suguarto, A., 2013. Pengebangan Sistem Kearsipan Elektronik Berbasis Client - Server. Yogyakarta: Aiti.

Susanto, N., 1999. Analisis SWOT Untuk Identifikasi Faktor-Faktor Strategik PT. Nayati Sndonesia. Tesis. semarang : Prodi Megister Manajemen: universitas Diponegoro.

Sutanto, E., 2005. Pengantar Teknologi Informasi. - penyunt. Yogyakarta: Graha ILmu.

Suyanto, A. H., 2009. Step by Step Web Desing theory and Practices. 2 penyunt. Yogyakarta: Andi.

Triynto, P., 2013. Strategi Manajemen dan Model Bisnis. Semarang: Edukasi Mitra Grfika.

Umum, K., sudiyarto & winarno, s. t., 2015. Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Ilmiah, pp. 38-42.

Wakyudi, Hadi, S. & Rusdiana, O., 2015. Analisis Potensi Lanskap Ekowisata di Daerah Penyangga Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah, pp. 135-143.

Wati, H. I., Fahrizal & Idham, M., 2015. Potensi Objek dan Daya tarik Pulau Potiyanak Sebagai Wisata Alam di Kecamatan Jawi Selatan Kabupaten Sambas. Jurnal ILmiah Lestari, pp. 65-73.

Yasin, V., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak berorientasi objek. Yogyakarta: Mitra Wacana Media.

Yuniarto, S. R., 2011. desain sistem informasi reservasi paket wisata pada Usaha kecil dan menengah sektor jasa trevel. Jurnal Akutansi, Menejemen Bisnis dan Sektor Publik, pp. 197-211.

Yusendra, E. M. A., Herlina, Yulmaini & Karnila, S., 2015. penembanan aplikasi E-tourism berbasis android sebaai strategi promosi pariwisata lampung. Bali, IBI Darmajaya.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sigit Pramono, Imam Ahmad, Rohmat Indra Borman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.