RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DHARMA BAKTI KEMILING BANDAR LAMPUNG

Putri Gita Cahyanti, Wita Kurnia

Abstract


SLB Dharma Bakti Kemiling masih sistem pengelolaan nilai siswa masih dilakukan secara manual oleh guru dan kemudian di rekap kedalam Microsoft Excel walaupun pengelolaan sudah cukup baik tetapi masih terdapat kendala yaitu memerlukan waktu yang lama untuk proses pengelolaan dikarenakan dicatat secara manual lalu diinputkan kembali ke excel.Untuk itu SLB Dharma Bakti Kemiling membutuhkan sebuah sistem informasi akademik sekolah yang terkomputerisasi dan terotomatisasi basis data untuk memudahkan pengolahan data akademik di sekolah itu sendiri.Metode pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming dan perancangan sistem menggunakan UML.Implementasisistem menggunakan PHP dan MySQL.Penulis juga menggunakan metode penelitian berupa pengamatan, tinjauan pustaka, dokumentasi akademik sekolah.Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi akademik penjunjang proses belajar siswa. Dengan adanya sistem yang dibangunini bertujuan memfasilitasi akademik sekolah agar lebih mudah.Menyediakan informasi yang lengkap mengenai jadwal, nilai siswa dan informasi seputarsekolah, serta membantu sekolah dalam melakukan proses akademik sekolah. Hasil pengujian yang dilakukan sebanyak 5 responden menghasilkan pengujian nilai sebesar 100 %.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Akademik, Extrme Programming, UML, PHP

 


Full Text:

PDF

References


Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan. Yogyakarta: Andi, 2015.

H. Tohari, Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melaluin Pendekatan Uml. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Maniah And D. Haminidin, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi : Pembahasan Secara Praktis Dengan Contoh Kasus. Yogyakarta: Budi Utama, 2017.

Kristanto, Perancangan Sistem Informasi Dan

Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media, 2018.

Maturidi, Pengujian Sistem. Jakarta: Andi, 2014.

B. O. Lubis, “Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi,” J. Inform., Vol. 3, No. 2, Pp. 234–246., 2016.

A. A. Irawan And Neneng, “Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web ( Studi Kasus SMA Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan ),” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 1, No. 2, Pp. 245–253, 2020.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita, And Handika, “Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi ( Kasus : Kursus Mengemudi Widi Mandiri ),” J. Sains Komput. Inform., Vol. 5, No. 1, Pp. 328–336, 2021.

A. S. Puspaningrum, Neneng, I. Saputri, And F. Ariany, “Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia,” J. Komputasi, Vol. 8, No. 2, Pp. 94– 101, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i3.1848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Gita Cahyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.