RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SAFETY STOCK BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: APOTEK CLARA LAMPUNG SELATAN)

Eria Mikharani, Muhammad Najib Dwi Satria

Abstract


Apotek Clara Lampung Selatan merupakan usaha perseorangan dalam bentuk usaha dagang berbagai obat dan memiliki lebih dari 100 jenis obat yang disediakan. permasalah pada proses pencatatan data persediaan yang dilakukan yaitu proses pencatatan yang dilakukan masih menggunakan cara yang manual dengan buku dirasa tidak efektif dan efisien karena sering terjadi kesalahan informasi jumlah stok yang ada pada etalase dengan pencatatan atau laporan persediaan. Masalah lain yang terjadi yaitu proses pembuatan laporan pun akan membutuhkan waktu yang lama karena harus mencocokan satu persatu jumlah yang ada dicatatan dengan yang ada di etalase. Masalah lain yang timbul juga sering terjadi over stock atau kelebihan stok dan low stock kekurangan stok dikarenakan tidak adanya suatu sistem terkomputerisasi untuk mengelola dan menghitung keamanan stok dalam jumlah persediaan yang dibutuhkan perusahaan, hal tersebut dapat berdampak pada kerugian Apotek dari segi penyimpanan obat dan biaya yang dikeluarkan akan besar karena obat yang tidak terjual, maka diperlukan suatu metode untuk menangani permasalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu waterfall dengan penerapan manajemen persediaan safety stock yang dibangun menggunakan sistem berbasis website. Sistem yang dihasilkan mampu menginformasikan sisa stok obat dan dapat mengelola barang masuk dan barang keluar. Berdasarkan hasil pengujian sistem pada aspek usability diperoleh hasil sebesar 88,22% dan dapat disimpulkan menurut responden yaitu sangat setuju, berdasarkan pengujian functionality diperoleh 99,69% dan dapat disimpulkan menurut responden Ya atau sesuai dengan fungsinya.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Persediaan Obat, Safety Stock, Website


Full Text:

PDF

References


R. Tarigan and B. Raharjo, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 31–42, 2021.

C. Mashuri, G. S. Permadi, and A. H. Mujianto, “Sistem Inventory Manajemen Dengan Metode Safety Stock,” Semin. Nas. SAINSTEKNOPAK, pp. 1–9, 2021.

Kasmir, “Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi,” Peran. Lap. Keuang. Dalam Kebijaksanaan Pemberian Kredit Kpd. Calon Nasabah Pada Pt. Bpr Batang Kapas, 2017.

Tamodia 2013, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast(Framework For The Applications),” J. PILAR Nusa Mandiri, vol. Vol. 13, N, no. 2, pp. 261–266, 2017.

Y. Widodo and J. Devitra, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Pada Pt. Pinus Merah Abadi Cabang Kuala Tungkal,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 1053–1070, 2018.

R. A.S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung, 2019.

B. Raharjo, “Belajar Otodidak Framework CodeIgniter,” Informatika Bandung, pp. 1–387, 2018.

MySQL, MySQL :: MySQL 8.0 Reference Manual, 69836th ed. Japan: Oracle, 2018.

A. M. S. Huda and Y. Fernando, “E–TICKETING PENJUALAN TIKET EVENT MUSIK DI WILAYAH LAMPUNG PADA KARCISMU MENGGUNAKAN LIBRARY REACTJS,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 96–103, 2021.

P. D. A. Wiguna, I. P. A. Swastika, and I. P. Satwika, “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 149–159, 2019, doi: 10.25077/teknosi.v4i3.2018.149-159

S. Heru, Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. 2018.

S. Ahdan, A. R. Putri, and A. Sucipto, “Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 493–509, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i2.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eria Mikharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.