SISTEM INFORMASI PELAPORAN PENDISTRIBUSIAN BARANG DAN SURVEI CUSTOMER BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: PT. GOLDEN COMMUNICATION)

Susan Sagita, Dyah Ayu Megawaty

Abstract


PT Golden Communication (Telkomsel Distribution Center) yaitu dealer telkomsel yang mendistribusikan  berbagai produk telkomsel, seperti saldo, perdana kuota, voucher dan orbit.  Proses pendistribusiannya dari pihak telkomsel mendistribusikan produknya kepada pihak PT Golden Communicatin, lalu admin gudang melakukan pencatatan barang masuk untuk stok , kemudian di bagikan ke pihak sales yang nantinya akan di distribusikan kepada pihak konter. Admin gudang mencatat seluruh barang masuk dan keluar, termasuk kwitansi yang di berikan oleh pihak sales sebagai bukti transaksi pihak sales kepada pihak kounter. Pendataan barang penjualan sales juga hanya dicatat di selembar formulir yang yang berisi data transaksi penjualan dan pengembalian barang yang rusak. Sistem Distribusi ini dibuat melalui tahapan perencanaan dengan metode extreme programming, tahapan analisis dan desain sistem yaitu struktur use case diagram, activity diagram, database, dan pembuatan tabel. Tahapan implementasi dan evaluasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MYSQL. Sistem yang dihasilkan berbasis website dengan hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan pengujian pengujian Fungcionality dan pengujian usability yang mengacu pada ISO25010. Bedasarkan Hasil pengujian sistem yang dilakukan dengan menggunakan metode ISO 25010 dengan aspek fungcionality dan usablility dinyatakan layak. Untuk aspek fungcionality mendapatkan nilai 86,6% sedangkan untuk aspek usability mendapatkan nilai 81,5%.

 

Kata Kunci: PT Golden Communication, Distribusi, Sistem Informasi.


Full Text:

PDF

References


A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2017. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung.

Adi Nugroho., 2018, rekayasa perangkat lunak berorientasi objek dengan metode USDP (Unified software development process). Yogyakarta : Andi.

Ahmad, Amar, “Perkembangan Teknologi komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya”, Jurnal Dakwah Tabligh, Universitas Indonesia Jakarta, Vol. 13, No. 1, 2018

Betha sidik., 2019. Pemograman web dan PHP. Bandung : Informatika Bandung

Hoendarto, Genrawan, and Thommy Willay. "Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Barang Pada Toko Harapan Utama." Inteksis 2.2 (2016).

ISO 25000 (2021) ISO/IEC 25010, iso25000.com

Janner, Simarmata. 2017. Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta: Penerbit Andi

John M. Echols dan Hassan Shadily. 2019. Kamus Inggris Indonesia An EnglishIndonesia Dictionary. Jakarta : PT. Gramedia.

Pertiwi, Novita. "Sistem Informasi Distribusi Barang pada Brand Sepatu Geoff Max PT. Geoff Maksimal Jaya." SENTIA 2019 11.1 (2019).

Prangestu, Ikbal. Sistem Informasi Manajemen Logistik Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumedang. Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2019.

Pressman, Roger S. 2019. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

Purwanto, Heri, Taupik Ridwan, and Yanwar Aryanggara. "Perancangan Sistem Informasi Distribusi Barang Menggunakan BlueSeer Enterprise Resource Planning." Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi 7.3 (2021).

Suyanto, 2017, Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: Informaatika.

Tangkudung, Anggun Juwita, Amir Halid, and Yanti Saleh. "analisis penerapan manajemen dan strategi distribusi beras di perusahaan umum badan urusan logistik (perum bulog sub divre kota gorontalo)." AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis 1 (2016).




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i3.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Susan Sagita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.