SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP SISWA (STUDY KASUS: SMA PGRI KATIBUNG)

Lara Tastilia, Dyah Ayu Megawaty, Dyah Ayu Megawaty, Ari Sulistiyawati, Ari Sulistiyawati

Abstract


SMA PGRI Katibung merupakan salah satu sekolah menegah atasa yang terletak di Lampung Selatan, salah satu administrasi akademik yang ada di sekolah yaitu pengelolaan data Rencana Anggaran Sekolah (RKAS) sudah dikelola menggunakan aplikasi ms excel, walaupun pengelolaan data sudah cukup baik tetapi masah terdapat kendala yaitu penumpukan file sehingga lama dalam proses pencarian, dan tidak dapat dicetak secara periode. Begitupun pada pembayaran administrasi yang ada pada SMA PGRI Katibung yaitu uang pendaftaran siswa, dan SPP. Proses pembayaran administrasi masih dilakukan secara manual dan belum memiliki suatu sistem informasi berbasis Teknologi yang mengelola serta menangani data administrasi pembayaran SPP, sehingga menyebabkan kurang cepatnya pelayanan terhadap siswa dan keamanan data yang tidak bisa dijaga dan menimbulkan kehilangan data serta kesalahan pada proses pembuatan laporan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah extreme programming dan akan diimplementasikan menggunakan PHP dan MySQL. Sistem ini akan diuji menggunakan metode Black Box. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi pembayaran administrasi sekolah pada SMA PGRI Katibung berbasis web untuk memberikan solusi untuk menagani masalah yang ada. Dengan adanya sistem yang dibangun diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap siswa, mempermudah pihak sekolah dalam melakukan pengolahan dan penyimpanan data RKAS sekolah dan menyediakan   informasi yang lengkap mengenai informasi pembayaran administrasi siswa serta membantu sekolah dalam melakukan pelaporan pembayaran administrasi siswa secara cepat. Setelah adanya sistem pembayaran yang dirancang ini, dapat digunakan agar lebih bermanfaat untuk membantu mengurangi permasalahan yang sedang dihadapi SMA PGRI Katibung.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Akademik, PHP, Extreme Programming dan Black Box


Full Text:

PDF

References


B. Supriadi And L. Bachtiar, “Sistem Informasi Administrasi Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sampit Berbasis Web,” J. Penelit. Dosen Fikom, Pp. 1–7, 2018.

M. V. Al Hasri And E. Sudarmilah, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran Web-Based Application Of Information System For Population Administration Services In Banaran Village,” J. Manajemen, Tek. Inform. Dan Rekayasa Komput., Vol. 20, No. 2, Pp. 249–260, 2021, Doi: 10.30812/Matrik.V20i2.1056.

R. S. Pressman, Pendekatan Pratiksi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2012.

W. E. Howden, Metodologi Penelitian. Jakarta: Andi, 2017.

Kristanto, Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media, 2018.

B. Pratama and A. T. Priandika, “SISTEM INFORMASI LOCATION BASED SERVICE SENTRA KERIPIK KOTA BANDAR LAMPUNG BERBASIS ANDROID,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 81–89, 2020.

A. Ichsan, M. Najib, and F. Ulum, “Sistem Informasi Geografis Toko Distro Berdasarkan Rating Kota Bandar Lampung Berbasis Web,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 71–79, 2020.

D. Darwis And T. Yusiana, “Penggunaan Metode Analisis Historis Untuk Menentukan Anggaran Produksi.,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. Dan Teknol., Vol. 6, No. 2, Pp. 42–51, 2016.

V. H. Saputra, D. Darwis, And E. Febrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Game Matematika Untuk Penyandang Tunagrahita Berbasis Mobile,” J. Komput. Dan Inform., Vol. 15, No. 1, Pp. 1–8, 2020.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktis. Jakarta: Elex Media, 2012.

A. Sucipto, Q. J. Adrian And M. Kencono, "Martial Art Augmented Reality Book ( Arbook ) Sebagai Media Pembelajaran Seni Beladiri Nusantara Pencak Silat.," Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), Vol. 10, P. 40–45., 2021.

E. R. Susanto, A. S. Puspaningrum And Neneng, "Rancang Bangun Rekomendasi Penerima Bantuan Sosial Berdasarkan Data Kesejahteraan Rakyat," Jurnal Tekno Kompak, Vol. 14, No. 1, Pp. 1-12, 2021.

Rahmanto, Y., Hotijah, S., & Damayanti, . (2020). Perancangan Sistem Informasi Geografis Kebudayaan Lampung Berbasis Mobile. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 1(1), 19.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i2.1781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 lara tastilia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.