RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT SEMBILAN HAKIM NUSANTARA)

andre wijaya, Nirwana Hendrastuty

Abstract


Sistem informasi merupakan suatu aspek yang penting dan diperlukan bagi suatu perusahaan dan organisasi, perkembangan teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat, membuat perusahaan dituntut untuk menerapkan teknologi dan sistem informasi yang ada pada saat ini, karena dengan bantuan teknologi dan sistem informasi kepegawaian ini dapat memudahkan, mempengaruhi, dan menambah kinerja suatu perusahaan. Permasalahan pada PT Sembilan Hakim Nusantara yaitu belum adanya pencatatan maupun pembukuan terkait dengan gaji dan pengeluaran yang dilakukan oleh pegawai saat sedang melakukan pembelian maupun kegiatan operasional yang masih menggunakan metode manual yang hanya ditulis diselembar kertas ataupun dalam aplikasi notes pada smartphone pegawai, begitu pula bukti hasil transaksi pembelian yang telah dilakukan dikumpulkan dan hanya ditempelkan di papan mading perusahaan. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL dengan waterfall sebagai metode pengembangan aplikasinya. Hasil pengujian menggunakan blackbox diperoleh bahwa sistem dapat diterima dan berhasil, serta berjalan dengan yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Gaji, Pengeluaran, Operasional

 


Full Text:

PDF

References


G. A. Munandar And A. Amarudin, “Rancang Bangun Aplikasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil Dan Pegawai Honorer Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Kabupaten,” J. Teknoinfo, Vol. 11, No. 2, Pp. 54–58, 2017.

Meranti, D.I.K. (2015) ‘Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website Pada Toko Berkah Hijab’, II, pp. 1–15.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita and Handika, "Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri)," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) , vol. 5, no. 1, pp. 328-336, 2021.

A. F. O. Pasaribu, D. Darwis, A. Irawan and A. Surahman, "Sistem Informasi Geografis Untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil di Wilayah Kota Bandar Lampung," TEKNOKOMPAK, vol. 13, no. 2, pp. 1-6, 2019.

Hidayat, R., Marlina, S. and Utami, L.D. (2017) ‘Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang

Alfiansyah, H., Widipangestu, I. and Supriyadi, D. (2022) ‘Minuman Berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming ( Studi Kasus Cafe Gematos Pamulang )’, Xvii(01), pp. 7–11.

Zairen, D. and Anggit, D. H. (2013) ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( Simpeg ) Pada Badan Kepegawaian Pendahuluan Landasan Teori Analisis’, jurnal Ilmiah DASI, 14(04), pp. 11–14.

Nilasari, S. (2016) Panduan Praktis Menyusun Sistem Penggajian Benefit. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Brata, D. W. and Whidyanto, B. (2017) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Gaji Bonus Karyawan Pada Restoran KL Express Dengan Metode TOPSIS’, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 11(1), p. 101. doi: 10.32815/jitika.v11i1.59

Bahar, M. et al. (2021) ‘Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web Pada Universitas Negeri Makassar’, 02(May), pp. 1–6.

Susanto, R. and Andriana, D. A. (2016) ‘Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi’, Therapie der Gegenwart, 14(1)

A.S, R. and Shalahuddin, M. (2018) Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Haviluddin, Haryono, A. and Rahmawati, D. (2016) ‘Aplikasi program php dan Mysql’, Mulawarman University Press, 53(9), p. 1699.

Raharjo, B. (2011) Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Cet. I Des. Bandung: Informatika Bandung.

Suehring, S. (1991) MySQL Bible.

Blanco, J. and Upton, D. (2009) CodeIgniter 1.7. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Nurul, A. (2017) ‘Sistem Informasi Penjualan Tas Berbasis Web Dengan Pemodelan Uml’, iv.

Beck, K. and Cunningham, W. (1997) The CRC Card Book. Boston: Adisson Wesley

Sinulingga, A. R. et al. (2020) ‘Pengujian Black Box pada Sistem Aplikasi Informasi Data Kinerja Menggunakan Teknik Equivalence Partitions’, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(1), p. 9. doi: 10.32493/jtsi.v3i1.4303.

D. Darwis, A. Surahman, And M. K. Anwar, “Aplikasi Layanan Pengaduan Siswa Di Sma Muhammadiyah 1 Sekampung Udik,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Tabikpun, Vol. 1, No. 1, Pp. 63–70, 2020.

D. Darwis, D. Wahyuni, And D. Dartono, “Sistem Informasi Akuntansi Pengolahan Dana Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest Pada Pt Sinar Sosro Bandarlampung,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 15–21, 2020.

N. Ningsih, F. Isnaini, N. Handayani, And N. Neneng, “Pengembangan Sistem Perhitungan Shu (Sisa Hasil Usaha) Untuk Meningkatkan Penghasilan Anggota Pada Koperasi Manunggal Karya,” J. Tekno Kompak, Vol. 11, No. 1, Pp. 10–13, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i2.1762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 andre wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.