Sistem Informasi Pemasaran Hasil Kelompok Wanita Tani Desa Sungai Langka Menggunakan Metode Design Sprint

Winda Fajar Anggraini, Try Susanto, Imam Ahmad

Abstract


Proses pemasaran yang dilakukan secara online sudah harus diterapkan pada setiap pelaku usaha seperti kelompok wanita tani yang ada di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran yang telah didirikan sejak tahun 2013 dan memiliki jumlah kelompok sebanyak 12 dan masing-masing kelompok memiliki anggota antara 15 sampai 20 anggota. Permasalahan berupa proses pengolahan data kelompok tani dan anggota masih dilakukan secara manual dengan cara mencatat pada buku catatan, sehingga berdampak pada kehilangan data, kerusakan dokumen maupun kesalahan dalam pendataan identitas anggota. Permasalahan pada proses pemasaran produk hasil olahan wanita tani masih dalam lingkup desa dengan cara pameran, status whatsapp dan bazar, sehingga produk hasil olahan tersebut tidak banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat diluar lingkungan daerah tersebut. Metode yang digunakan yaitu Design sprint merupakan pendekatan yang berpusat pada manusia (Human centered approaach) terhadap inovasi yang memanfaatkan alat bantu perancangan yang mengintegrasikan kebutuhan manusia. Berdasarkan proses sprint tersebut diperoleh hasil berupa sistem yang dapat memasarkan produk hasil olahan kelompok wanita tani seperti bagian admin yang mengelola data kelompok dan anggota, bagian anggota menambahkan produk dan promosi, bagian konsumen melihat data produk, promosi, kelompok dan informasi yang secara keseluruhan dapat diakses secara online.

Kata kunci:  Pemasaran,  Kelompok Wanita Tani, Sungai Langka, Design Sprint

 


Full Text:

PDF

References


F. Sarasati, D. Pradiatiningtyas, and N. Purwati, “Perancangan E-Bakul Pada Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki Berbasis Website,” J. Fasilkom, vol. 11, no. 1, pp. 32–42, 2021.

J. Lillasari and N. Arifin, “Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pemasaran Produk Perusahaan Di Masa Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Penal. dan Penelit. Nusant., vol. 1, pp. 169–177, 2020.

S. Abdullah, L. Daud, Bunyamin, and R. E. Purwanti, “Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Altenatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid -19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2020) Univ. Widyagama Malang, 02 Desember 202, no. Ciastech, pp. 1309–1318, 2020.

R. Prasetyo et al., “Sistem informasi pariwisata daerah kabupaten wonogiri berbasis web,” 2011.

A. N. Ashari and R. M. Manikam, “Analisa dan Perancangan Marketplace Bahan Bangunan Berbasis Website Pendahuluan Studi Literatur Metodologi,” vol. 1, no. 3, pp. 84–92, 2019.

F.- - and A. Yulianto, “Kolaborasi Scrum dan Design Sprint Dalam Pengembangan Aplikasi Laboratorium Medis,” REMIK (Riset dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komputer), vol. 4, no. 2, p. 47, 2020.

N. Widiawati, “Metodologi Penelitian.” Edu Publisher, Jaw Barat, pp. 1–250, 2020.

H. Sulistiani, S. Setiawansyah, and D. Darwis, “Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari),” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 50–56, 2020.

Y. Rahmanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Koperasi Menggunakan Metode Web Engineering (Studi Kasus: Primkop Kartika Gatam),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2021.

Priandika, A.,T., Widiantoro, W., Penerapan Metode Desain Sprint Pada Sistem Pendistribusian Dan Pengadaan Barang Menggunakan Mobile, Jurnal Teknoinfo, Vol. 15 No. 2 pp 121-126, 2021




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i1.1657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Winda Fajar Anggraini, Winda Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.