SISTEM INFORMASI LAPORAN KEUANGAN KOMITE SEKOLAH BERBASIS WEB PADA MADRASAH ALIYAH NEGRI (MAN) 2 BANDAR LAMPUNG

armed mattjik harahap, Wita Kurnia, Wita Kurnia

Abstract


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandar Lampung merupakan institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan yang bernaung dibawah Kementerian Agama Republik Indonesia (RI). Pencatatan keuangan sekolah memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan operasional sekolah, sehingga tertatanya pencatatan menjadi poin kunci untuk keberlangsungan pembayaran. Proses pencatatan keuangan dilakukan oleh bendahara yang menulis pembayaran siswa dibuku pembayaran dengan membubuhkan tanggal pembayaran dan jumlah pembayaran. Jika pembayaran dilakukan dengan cara mengkredit maka keterangan pembayaran belum lunas, begitu juga halnya dengan proses pembayaran siswa seperti pembayaran spp dan iuran siswa. Sistem informasi laporan keuangan komite sekolah berbasis Website dirancang dengan mengunakan metode perancangan sistem UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database Mysql. Sistem informasi laporan keuangan komite sekolah dapat membantu bendahara dalam melakukan pengelolaan laporan keuangan kepala sekolah maupun siswa.

Kata Kunci: Sistem, Laporan, Keuangan, Komite, Web.


References


Sahada, M. A. (2019). Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendika Gorontalo.

Wulansari, Y. (2013). Pengaruh Investment Opportunity Set, Likuiditas Dan Leverage Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftari Di BEI. 85(1), 2071–2079.

Sujarweni, W. (2017). Analisis Laporan Keuangan.

Pustaka Baru.

Ma’rifati, I. S. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Sumbangan Pembinaan

Sadewa, E. Y., & Yuniningsih, T. (2017). Efektivitas Peran Komite Sekolah Di SD Negeri 1 Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi, ed. Keempat. Salemba Empat.

S. Ahdan and P. I. Sari, “Pengembangan Aplikasi Web untuk Simulasi Simpan Pinjam (Studi Kasus: Lembaga Keuangan Syariah Bmt L-risma,” J. Tekno Kompak, vol. 14, no. 1, pp. 33–40, 2020.

Y. Khadaffi, J. Jupriyadi, and W. Kurnia, “APLIKASI SMART SCHOOL UNTUK KEBUTUHAN GURU DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 KRUI),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 15–23, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i2.1626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 armed mattjik harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.