Aplikasi E-Commerce Untuk Pemesanan Sparepart Motor Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter

Dheara Kharisma, Saniati Saniati, Neneng Neneng

Abstract


Difaris motor merupakan perusahaan dagang yang begerak pada bidang penjualan peralatan dan perlengkapan sparepart kendaraan roda dua yang beralamat dijalan Untung Suropati Ruko Eldorado dan menyediakan produk seperti sparepart, oli dan aksesoris motor. Prosedur atau proses penjualan yang dilakukan saat ini dengan menggunakan strategi offline yaitu produk-produk tersebut disediakan pada toko hingga transaksi penjualan. Proses penjualan yang dilkakukan secara langsung seperti konsumen datang ke perusahaan untuk membeli produk berdampak pada kebutuhan biaya operasional, tenaga dan waktu, terlebih lagi konsumen yang berada pada daerah yang tidak dapat melihat informasi ketersediaan produk yang akan dibeli, sehingga mengakibatkan kekecewaan ketika sampai diperusahaan produk yang diinginkan tidak tersedia. Metode yang digunakan yaitu extreme programming dengan konsep pengembangan yaitu e-commerce, sehingga menghasilkan sistem untuk bagian admin agar dapat mengelola data produk, stok, konfirmasi transaksi dan melihat laporan penjualan yang dilakukan secara online. Bagi konsumen dapat mencari produk dan mendapatkan informasi produk secara detail serta dapat melakukan transaksi, upload bukti pembayaran dan melihat riwayat pesanan. Bagi pimpinan dapat melihat informasi laporan penjualan secara online.

Kata Kunci: Aplikasi, E-Commerce, Sparepart Motor, Web, Framework Codeigniter


Full Text:

PDF

References


B. P. Statistik, “Statistik E-Commerce 2019,” vol. 8101004, pp. 1–76, 2019.

APJII, “Penetrasi & profil perilaku pengguna internet indonesia tahun 2018,” 2018.

C. Adiwihardja, “Ecommerce sebagai Model Inovasi Teknologi Strategi Enterpreneur Menurut Preferensi Pengguna pada Jakartanotebook.com,” Bina Insa. ICT J., vol. 3, no. 1, p. 234400, 2016.

M. H. Masruri, Buku Pintar Android. 2015.

S. S. Husnaa, M. Fadlib, and D. Hajar, “Rancang Bangun Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Mobile pada Perusahaan Otobus di Dumai,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 611–620, 2018.

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Managing Information Systems: Managing the Digital Firm 13ed. 2013.

B. Raharjo, “Belajar Otodidak Framework CodeIgniter,” Informatika Bandung, pp. 1–387, 2018.

E. R. Susanto and F. Ramadhan, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Perizinan Praktik Tenaga Kesehatan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Dinas Kesehatan Kota Metro,” J. Tekno Kompak, vol. 11, no. 2, pp. 55–60, 2017.

S. Setiawansyah, H. Sulistiani, and V. H. Saputra, “Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. Dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 89–95, 2020.

H. Sulistiani, “Rancang Bangun Aplikasi Presensi SMS Gateway Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter Pada SMKN 1 Trimurjo,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 43–50, 2020.

M. Sabar, A. Heryanto, and F. Lestari, “Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Santri Berbasis Android Studi Kasus : Pesantren Al-Hidayah Garut,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 5, no. 3, pp. 30–35, 2019.

2013 Rosa & Salahuddin, “UML, Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram,” in Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur, 2013

I. gusti N. Suryantara, “Merancang Aplikasi dengan Metodologi Progammings.” PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2017.

L. Ariyanti, M. N. D. Satria, and D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020

R. Arpiansah, Y. Fernando, and J. Fakhrurozi, “Game Edukasi Vr Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode Mdlc Untuk Anak Usia Dini,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 88–93, 2021.

W. Alakel, I. Ahmad, and E. B. Santoso, “Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat Metode First In First Out (Studi Kasus: Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung),” J. Tekno Kompak, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i1.1549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dheara Kharisma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.