RANCANG BANGUN WEBSITE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEWA LAPANGAN FUTSAL STUDI KASUS DAMAI FUTSAL LAMPUNG

Nindi Sekar Ayu, Erliyan Redy Susanto, Muhaqiqin Muhaqiqin

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah website atau sistem yang dapat melakukan proses penyewaan jadwal lapangan futsal. Sebelumnya Penyewa saat sedang ingin melakukan penyewaan harus dating langsung ke lokasi atau mengirimkan pesan whatapps kepada pengelola lapangan. Lokasi penelitian di Damai Futsal Lampung yang merupakan tempat penyewaan lapangan futsal yang berlokasi di kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Manfaat dari aplikasi ini adalah bagi Penyewa adalah mempermudah penyewa dalam melakukan penyewaan lapangan tanpa harus dating ke lokasi. Manfaat dari aplikasi ini bagi Pemilik dan Pengelola adalah membantu dalam pengelolaan manajemen segala aktivitas proses bisnis dan pemilik juga dapat lebih mudah melihat laporan hasil sewa lapangan tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan software yatiu metode Web Engineering. Dalam tahapan construction sistem dibuat dengan bahasa pemrograman PHP Laravel, Java dan database MySQL. Dalam penggunaanya penyewa akan dapat menggunakan aplikasi android yang berbasis WebView, sedangkan pengelola dan  pemilik menggunakan Website. Pada tahapan testing sistem ini menggunakan untuk aspek functionality menggunakan Black Box serta ISO 9126 untuk menguji aspek usability. Hasil dari tahapan testingFunctionality menghasilkan score penilaian 99,074% dengan hasil diterima secara kelayakan fungsi. Serta testingUsability menghasilkan score 95,873% dengan dengan sangat layak.

Full Text:

PDF

References


Alamanda, Reza, Julizal, and Maria Cleopatra. 2021. “Aplikasi Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Pada Futsal Malaka Sport Center.” Seminar Nasional Riset Dan Teknologi 548–51.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Revisi. edited by H. Dewi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Ridwan, Djunaidi Safi, and Hairil K. Siradjudin. 2019. “Perancangan Aplikasi Sewa Lapangan Berbasis Web Pada Aziz Futsal Kota Ternate.” IJIS - Indonesian Journal On Information System 4(1).

Roger S. Pressman. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7. 7th ed. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Rosa and M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Revisi. Bandung: Informatika Bandung.

Sekarsari, Marisa and Rohmat Indra Borman. 2019. “Web Engineering Pada Rancang Bangun Website Sistem Informasi Pendaftaran Futsal (Studi Kasus Akademi Giga Futsal Lampung).” 1–19.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. 26th ed.

Sulaeman, Fietri Setiawati and M. Firaz Fakhriza Nurjaman. 2020. “Aplikasi Penjadwalan Dan Booking Online Menggunakan Teknologi Android Webview.” Media Jurnal Informatika 11(2):8.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nindi Sekar Ayu, Erliyan Redy Susanto, Muhaqiqin .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.