Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi Terhadap Manajemen Pengetahuan

Iqbal Hussain Alamyar, Evy Nurmiati

Abstract


 

Pentingnya menggunakan sistem informasi akuntansi untuk memberikan informasi akuntansi keuangan kepada manajemen Krisna Holding Company  di  Denpasar untuk mengambil keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanggihan teknologi informasi pengguna sistem informasi akuntansi, keterlibatan manajemen, dan management knowledge terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi di kantor pusat Krisna Holding Company dan untuk mendapatkan bukti empiris. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini  diperoleh berdasarkan teknik sampling yang ditargetkan, yaitu penentuan sampel berdasarkan kesesuaian karakteristik dan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang didahului dengan uji penerimaan klasikal dan goodness of fit,  diolah dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Berdasarkan hasil analisis, kecanggihan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi di kantor pusat Chrisna Holding Company. Pengelolaan pengguna sistem informasi akuntansi dan keterlibatan keterampilan teknis berpengaruh positif terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi di kantor pusat Chrisna Holding Company.


Full Text:

PDF

References


Ratnaningsih, K. I., & Suaryana, I. G. N. A. (2014). Pengaruh kecanggihan teknologi informasi, partisipasi manajemen, dan pengetahuan manajer akuntansi pada efektivitas sistem informasi akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(1), 1-16.

Maier, R., & Hadrich, T. (2011). Knowledge management systems. In Encyclopedia of Knowledge Management, Second Edition (pp. 779-790). IGI Global.

Liebowitz, J. (Ed.). (1999). Knowledge management handbook. CRC press.

Marwick, A. D. (2001). Knowledge management technology. IBM systems journal, 40(4), 814-830.

Indrajit, Richardus Eko. "Manajemen sistem informasi dan teknologi informasi." Jakarta: PT Elex Media Komputindo (2000).

Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Deepublish.

Simarmata, Janner, et al. Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Ni Putu Alannita dan I Gusti Ngurah Agung Suaryana, 2014, Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Individu, E-Jurnal Akuntansi Univeorsitas Udayana, 6 (1).




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i1.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iqbal Hussain Alamyar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.