Media Pembelajaran Anatomi Tulang Manusia Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) Berbasis Website (Studi Kasus Universitas XYZ)

Irfan Fauzan, Sanriomi Sintaro, Ade Surahman

Abstract


Pendidikan menjadi cermin dari mendapatkan pengetahuan yang menjadikan lebih berkualitas sebagai sumber daya manusia. Universitas XYZ merupakan salah satu contoh akademi tinggi swasta ternama di Bandar Lampung, sebagai perguruan tinggi swasta ternama di Bandar Lampung. Universitas XYZ memiliki beberapa fakultas dan jurusan, salah satu contohnya yaitu jurusan pendidikan olahraga. Pada materi kuliah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mempelajari mengenai anatomi dan fisiologi tulang manusia dengan cara dosen menjelaskan materi dibantu dengan alat peraga sekeleton kerangka tulang manusia dan dijelaskan dari bagian tulang atas sampai dengan tulang bawah.

Masalah yang terjadi disaat kelas pembelajaran tatap muka ialah mahasiswa terkadang tidak fokus atau tidak memperhatikan dosen disaat menerangkan materi yang disampaikan, tidak sesuai dengan estimasi waktu pembelajaran yang sudah ditetapkan dikarenakan dosen terkadang menjelaskan materi sampai dua pertemuan dengan mengulang- ngulang materi dan yang dibahas hanya satu bagian tulang saja, masih rendah timbal balik dari mahasiswa terhadap materi yang telah disampaikan dosen dikarenakan mahasiswa belum banyak yang mengerti.Penelitian bertujuan untuk membantu dosen dalam menyampaikan materi yang akan dijelaskan kepada mahasiswanya.


Full Text:

PDF

References


Mustafa, P.S., Dwiyogo, W.D., 2020. Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA J. Ris. Teknol. Dan Inov. Pendidik. 3, 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Prabowo, B., 3d Model Skeleton Tulang Belakang Manusia Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran, 2019, Skripsi.

Ramdani, P., Hidayat, E., W.,, Shofa, R., N., Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality Untuk Laboratorium Biologi, Jurnal Siliwangi, Vol. 5 No. 2, 2019.

Ismawanto, L., Y., Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Mansuia Berbasis Android, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 1 No. 2, 2017.

Saputro, E.,, Wibawanto, H., Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-KTP Berbasis Mikrokontroler Atmega328, Jurnal Teknik Elektro, Vol. 8 No. 1, 2016.

Mahassin., A., R., Implementasi Sistem Peminjaman Dan Pengembalian Buku Dengan Teknologi Rfid Di Perpustakaan Jurusan Teknik Elektro, 2016, Skripsi,

Komang, I., Riskiono, S., D., Rancang Bangun Sistem Pengunci Loker Otomatis Dengan Kendali Akses Menggunakan Rfid Dan Sim 800l, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali dan Listrik, Vol. 1, No. 1, 2020,

Mufidah, N.L., 2018. Sistem Informasi Curah Hujan Dengan Nodemcu Berbasis Website. Ubiquitous Comput. Its Appl. J. 25–34. https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.25-34

Haryono, O.D., Purba, K.R., Dewi, L.P., 2017. Pembuatan Aplikasi Marketplace Untuk Mahasiswa dan Alumni Universitas Kristen Petra 5, 6.

R. D. Valentin, B. Diwangkara, and S. D. Riskiono, “Alat Uji Kadar Air Pada Buah Kakao Kering Berbasis Mikrokontroler Arduino,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2020.

A. S. Puspaningrum, F. Firdaus, I. Ahmad, and H. Anggono, “Perancangan Alat Deteksi Kebocoran Gas Pada Perangkat Mobile Android Dengan Sensor Mq-2,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020.

A. Anantama, A. Apriyantina, S. Samsugi, and F. Rossi, “Alat Pantau Jumlah Pemakaian Daya Listrik Pada Alat Elektronik Berbasis Arduino UNO,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 29–34, 2020. [22]

R. Genaldo, T. Septyawan, A. Surahman, and P. Prasetyawan, “Sistem Keamanan Pada Ruangan Pribadi Menggunakan Mikrokontroler Arduino dan SMS Gateway,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 13–19, 2020




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i1.1446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irfan Fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.