PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENDUDUK UNTUK VALIDITAS DATA KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 4 (STUDI KASUS: DESA BRANTI RAYA, NATAR)

Ade Rahman, Imam Ahmad, A Ferico Pasaribu

Abstract


Perkembangan teknologi sekarang ini semakin cepat. Dengan kemudahan teknologi saat ini kita dapat mempermudah perkerjaan yang akan dilakukan. Teknologi yang banyak digunakan saat ini oleh kalangan masyarakat adalah komputer. Penelitian ini dilakukan dengan dasar akan kebutuhan adanya sebuah sistem informasi administrasi penduduk yang digunakan untuk pendataan data penduduk yang sudah terjamin validitas data kependudukan nya oleh para petugas yang ada di kantor desa Branti Raya agar lebih efisien dan untuk mendapatkan sebuah data kependudukan yang valid. Dengan sistem ini diharapkan para petugas di kantor desa Branti Raya dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan administrasi kependudukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programing yang memiliki empat tahapan yakni planning, design, coding, dan testing. Hasil dari pengujian ISO 25010 aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan diperoleh hasil dari dua aspek yang diujikan yaitu: aspek Functionality memperoleh nilai 100% dan Usability diperoleh nilai 96,20%. Berdasarkan nilai persentase yang di dapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat aplikasi secara keseluruhan mempunyai skala” Sangat Baik” dan dinilai sangat layak untuk diterapkan pada kantor desa Branti Raya Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Rahman, Imam Ahmad, A Ferico Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.