Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL)

hendri eka pratama, Heni Sulistiani

Abstract


Abstrak

Kepuasan pelanggan merupakan suatu ukuran keberhasilan untuk semua pengembangan dan implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan. Perusahan yang menerapkan sistem kepuasan pelanggan dapat menjadi kunci dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Parfume Corner merupakan toko parfume yang ada diwilayah Bandar Lampung terkait dengan jumlah pelanggan yang melakukan transakasi pemesanan parfume mengalami penurunan dikarenakan banyak toko parfume baru dan dipengaruhi dengan masa pandemic Covid-19. Parfume Corner juga memperoleh dampak berupa menurunnya jumlah pelanggan atau laba Parfume Corner sekitar 20%. Untuk mengetahui masalah layanan dan bagaimana upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diperlukan analisis kepuasan pelanggan. Namun Parfume Corner belum memiliki sumber daya yang mampu menganalisis kepuasan pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan sehingga Parfume Corner kesulitan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem ini akan diuji menggunakan ISO 25010. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem untuk penilaian kepuasan pelanggan pada Parfume Corner dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan mengunakan customer satisfaction index (CSI). hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 7 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 92.61%.

Kata Kunci: Customer Satisfaction Index (CSI), Prototype, ISO 25010


Full Text:

PDF

References


Q. J. Adrian And D. Pramono, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko Distro Black Outlet Berbasis Web,” J. Tekno Kompak, Vol. 11, No. 2, Pp. 38–40, 2017.

T. D. Rosmalasari, M. A. Lestari, F. Dewantoro, And E. Russel, “Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi,” Vol. 1, No. 1, Pp. 27–32, 2020.

Hannie, “Analisis Kualitas Pelayanan Penjualan Online Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi),” J. Gerbang, Vol. 8, No. 1, Pp. 52–56, 2018.

B. D. Juniansyah, E. R. Susanto, And A. D. Wahyudi, “Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment,” J. Tekno Kompak, Vol. 14, No. 1, Pp. 41–46, 2020.

V. Devani And R. A. Rizko, “Analisis Kepuasan Pelanggandengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Potential Gain In Customer Value (Pgcv),” J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., Vol. 2, No. 2, Pp. 24–29, 2016.

H. R. Amri, R. T. Subagio, And Kusnadi, “Penerapan Metode Csi Untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen,” Haevah Al. J. Sist. Cerdas, Vol. 03, No. 0, Pp. 241–252, 2020.

L. D. Anggraini, P. Deoranto, And D. M. Ikasari, “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index,” J. Ind., Vol. 4, No. 2, Pp. 74–81, 2020.

S. M. Widodo And J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index ( Csi ) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer,” J. Inform. Upgris, Vol. 4, No. 1, Pp. 38–45, 2018.

S. Wijaya, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index,” J. Ilm. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., Vol. 3, No. 1, Pp. 11–17, 2017.

Rusliyawati, W. Oktavia, And A. Sucipto, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan ( Studi Kasus : P3i Lampung ),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 2, No. 2, Pp. 8–14, 2021.

F. Isnaini And R. K. Sari, “Perancangan Sistem Monitoring Persediaan Stok Es Krim Campina Pada Pt Yunikar Jaya Sakti,” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 2, No. 1, Pp. 151–159, 2021.

R. S. Pressman, Pendekatan Pratiksi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2012.

Alfiah And Damayanti, “Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 111–117, 2020.

Fitriyana And A. Sucipto, “Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 105–110, 2020.

A. A. Irawan And Neneng, “Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web ( Studi Kasus Sma Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan ),” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 1, No. 2, Pp. 245–253, 2020.

N. Nugroho, Y. Rahmanto, Rusliyawati, D. Alita, And Handika, “Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi ( Kasus : Kursus Mengemudi Widi Mandiri ),” J. Sains Komput. Inform., Vol. 5, No. 1, Pp. 328–336, 2021.

A. S. Puspaningrum, Neneng, I. Saputri, And F. Ariany, “Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia,” J. Komputasi, Vol. 8, No. 2, Pp. 94–101, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i4.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 hendri eka pratama, ajeng savitri puspaningrum, heni sulistiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.