Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Ektrakurikuler Karate BKC SMAN 1 Terbanggi Besar

Suanda Suanda, Reza Adhi Nugroho

Abstract


Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini, hal ini berkaitan dengan fenomena dekadensi moral yang terjadi ditengah-tengah masyarakat maupun di lingkungan pemerintah yang semakin meningkat dan beragam. Karakter harus ditanamkan sejak usia dini karena sangat penting untuk kehidupannya nanti. Didalam penelitian ini Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunkan teknik survey yaitu menggunakan dengan sampel sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian pada faktor Disiplin paling tinggi berada pada kategori “sedang” dengan persentase sebesar 40% yaitu sebanyak 8 siswa, Hasil penelitian pada faktor kejujuran paling tinggi berada pada kategori “Tinggi” dengan persentase sebesar 50% yaitu 10, faktor  taggung jawab pendahuluan paling tinggi berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 35% yaitu sebanyak 7 siswa, pada faktor kreatif  paling tinggi berada pada kategori tinggi dan sedang dengan persentase sebesar 30% sebanyak 6 siswa dari 20 siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustin, V. (2019) ‘Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Di Sdn 2 Bedikulon Bungkal Ponorogo’, Sustainability (Switzerland), 11(1), Pp. 1–14. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.

Azimah (2018) ‘Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Di Smp Negeri 1 Labuhan Haji Barat Aceh Selatan’, Dayah: Journal Of Islamic Education, 1(1), P. 104. Doi: 10.22373/Jie.V1i1.2422.

Chomsiatun (2017) ‘Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakulikuler Pencak Silat Di Mi Islamiyah Gebangsari Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas’, Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/Id/Eprint/2669, P. 23. Available At: Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/2669/.

Muzamil, A. (2015) ‘Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Karate Bkc Pada Siswa Mi Nurussibyan’.

Pradana (2018) ‘Penanaman Karakter Disiplin Dan Percaya Diri Melalui Ekstrakurikuler Karate Di Sd Negeri 2 Tlogorandu’.

Shobroh, A. (2015) ‘Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Kejujuran Siswa Mts Negeri Galur Kulon Progo Yogyakarta’, 53(9), Pp. 1689–1699.

Kamal, A. (2015) ‘Bandung Karate Club (Bkc)’.

Mahfud, I. (2016) ‘Analisis Imt (Indeks Massa Tubuh) Atlet Ukm Sepakbola Universitas Teknokrat Indonesia’, (January 2002), P. 20050266.

Mustika (2019) ‘Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan’, Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), Pp. 183–196. Doi: 10.30863/Didaktika.V12i2.185.

Niawan (2016) ‘Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa Di Lingkungan Pendidikan Sekolah’, Id. Doaj. Org (Education Journal), 15, Pp. 240–263.

Agustin (2019) ‘Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Di Sdn 2 Bedikulon Bungkal Ponorogo’, Sustainability (Switzerland), 11(1), Pp. 1–14.

Danardono (2015) ‘Sejarah, Etika Dan Filosofi Seni Beladiri Karate’, Pp. 1–23.

Dewi (2019) ‘Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Karate Bkc ( Bandung Karate Club ) Di Sd Negeri 2 Sokaraja Tengah Kabupaten Banyumas Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana’.




DOI: https://doi.org/10.33365/joupe.v2i2.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.