EUCLIDEAN VOICE: APLIKASI PEMBELAJARAN GEOMETRI EUCLID BERBASIS ANDROID UNTUK PENYANDANG TUNANETRA

Livia Agna Putri

Abstract


Abstrak

Berdasarkan UU nomor 20 tahun 2003 sejatinya pendidikan merupakan hak dari seluruh warga negara Indonesia tidak terkecuali penyandang disabilitas, khususnya pada artikel ini adalah penyandang tunanetra. Seharusnya tidak ada perbedaan kemampuan antara siswa normal dan siswa tunanetra untuk dapat mempelajari suatu ilmu pengetahuan, termasuk matematika. Salah satu perbedaan mendasar hanyalah dari sisi penggunaan media yang dapat membantu penyandang tunanetra selayaknya siswa normal dalam menikmati indahnya ilmu pengetahuan dalam matematika. Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran untuk siswa tunanetra berbasis suara yang dikemas pada apliaksi android agar penggunaannya dapat lebih fleksibel dan mudah untuk disebarluaskan kedepannya. Media tersebut dinamakan Euclidean Voice. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu literature review dengan cara menganalisa referensi yang relevan dengan menggunakan bantuan matriks sintesis. Adapun hasil reviu menunjukkan bahwa aplikasi Euclidean Voice ini efektif dalam penggunaannya serta dapat optimal untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi Geometri Euclid dan akan mendapatkan respon positif dari pengguna sehingga pengguna dapat tertarik belajar matematika tingkat lanjut.

Kata Kunci: Aplikasi Android, Geometri Euclid, Tunanetra


Full Text:

PDF

References


Admin. (2002). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. www.dpr.go.id

Admin. (2019). Situasi Penyandang Disabilitas Kementerian Kesehatan. www.pusdatin.kemkes.go.id

Alawiyah, T., & Hamad, I. (2017). Penerimaan Informasi Melalui Digital Talking Book oleh Siswa Tunanetra. 21, 44–58.

Anggreini, D. A., Setiawan, T. B., & Oktavianingtyas, E. (2017). Representasi Matematis Siswa Tunanetra dalam Memahami Konsep Segitiga Berdasarkan Teori Van Hiele. Kadikma, 8(2), 144–154.

Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media Pembelajaran Masyarakat Modern. Jurnal Teknodik, 18(1), 54–62.

Astuti, V. . (2015). Identifikasi Proses Berpikir Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi dalam Memecahkan Masalah Geometri pada Siswa SMP Penyandang Tunanetra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 255–265.

Aulia, W. P., & Sopandi, A. A. (2019). Cara Belajar Siswa Tunanetra dalam Pembelajaran Matematika Kelas X di SMK Negeri 7 Padang. 7, 155–160.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to Write a Literature Review Paper. Journal of Criminal Justice Education, 24(2), 218–234. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/10511253.2012.730617

Hidayati, F., & Pribadi, T. A. (2014). Pengembangan Media Audio Characteristics of Organism Song Education (Chosen) Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMPLB-A (Tunanetra). Unnes Journal of Biology Education, 3(2), 156–163. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Jayani, D. H. (2019). Pada 2018, Hanya 5,48% Penyandang Disabilitas yang Masih Sekolah. www.databoks.katadata.co.id

Kartika, H., & Mutmainah, S. (2019). Representasi Pengetahuan Secara Visual: Kajian Terhadap Orang Tunanetra dan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 58–66. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Maskar, S. & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Inomatika: Inovasi Matematika. 1(2). 110-121.

Maskar, S. & Dewi, P.S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia (Jurnal Pendidikan Matematika). 4(2), 888-899.

Maskar, S, dkk. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. 9(2), 154-166.

Maskar, S. & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 40-47

Prasetyo, W. (2017). Literature Review: Stres Perawat Di Ruang Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Ners Lentera, 5(1), 43–55.

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah. September. https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. The Journal of Applied Behavioral Science, 3(1), 47–56.

Saksono, D. Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Tunanetra Dengan Alat Peraga Manipulatif. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 95. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.967

Sánchez, J., Flores, H., & Sánchez, J. (2005). AudioMath: Blind children learning mathematics through audio. International Journal on Disability and Human Development, 4(4), 311–316. https://doi.org/10.1515/IJDHD.2005.4.4.311

Saputra, V.H. & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik.1(1), 15-23




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.