PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG

Yolanda Dwi Prastika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada kelas XII di SMK Yadika Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan analisis korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 28 orang, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengisian angket yang terdiri dari 14 soal. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi minat belajar dengan prestasi belajar matematika diperoleh persamaan Y'=91,101-28,685X dengan nilai t-hitung = 5,009 > t-tabel = 1,706 hal ini menunjukkan bahwa regresi X atas Y berpola linear. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, diperoleh koefisien korelasi X terhadap Y koefisien determinasi sebesar -85,882 sehingga H0 ditolak pada taraf 0,05. Maka kesimpulannya terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


Budang, P., dkk. (2017). Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Sintang: Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(2).

Lisma, Eryanti. (2019). Mengatasi Kecemasan Dalam Minat Belajar Matematika. Medan: Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Maskar, S. & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 40-47.

Maskar, S. & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Inomatika: Inovasi Matematika. 1(2). 110-121

Numayani. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V SD Negeri 054938 Kab. Langkat. School Education Journal, 8(1), 35-47.

Puspaningtyas, N.D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 24-30

Saputra, V.H.., Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 15-23

Ulfa, Marchamah.( 2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) pada Pemahaman Konsep Matematika.. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 48-55.

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 JI-MRJurnal Ilmiah Matematika Realistik (E-ISSN: 2723-6153)  
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.