PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Lily Parnabhakti, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajran powerpoint melalui google classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan pada penelitian ini tenik yang digunakan adalah teknik simple random sampling, dengan sample siswa matematika peminatan kelas MIPA 2, SMA N 5 Bandarlampung dengan total siswa 36. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes objektif berbentuk  multiple choice (pilihan ganda) dengan lima pilihan jawaban (option) soal berjumlah 10 dengan materi persamaan trigonometri. Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung = 3,538, Sedangkan t tabel = 1,687 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint melalui google classroom memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran, Hasil Belajar 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharin, R., Halal, R., Aji, S., Yussof, I., & Saukani, N. M. (2020). Impact of Human Resource Investment on Labor Productivity in Indonesia. Iranian Journal of Management Studies, 13(1), 139–164. https://doi.org/10.22059/ijms.2019.280284.673616

Dewi, P.S., & Septa, H., W. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 31-39

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Medan: Perdana Publishing

Maskar, S., & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 40-47

Munib, A. (2015). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Puspaningtyas, D., N. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30.

Saputra, V., H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 15-23.

Ulfa, M. (2019). Strategi Pre¬View, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 48-55




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 JI-MRJurnal Ilmiah Matematika Realistik (E-ISSN: 2723-6153)  
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.