PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG

Wahyu Saputra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto yang bersifat koresional. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Yadika Bandarlampung tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Yadika Bandarlampung.

 Kata Kunci: Kreativitas, Hasil Belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


Arifin, S. (2018). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 59-70. https://media.neliti.com/media/publications/261954-none-307a1e80.pdf

Depdiknas. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, Tentang Pendidikan. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maskar, S., Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pebdekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 40-47.

Mayora, E., Junaidi., Rusdi. (2018). Hubungan antara Kreativitas Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 X Koto Di Atas Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(3), 254-259.

Ngalimun, A. (2013). Perkembangan dan Pengetahuan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Press-Indo.

Prasojo, Teguh. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, vol. 7 (1) : 91-98.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berfikir lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30

Putri, L. A., Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568

Rachmawati, Y. & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Saputra, V. H., Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Mathema:Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 15-23. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Qustion, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pehaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 48-55.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.