ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI EKSPONENSIAL

Refiesta Ratu Anderha, Sugama Maskar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMA pada materi Eksponensial. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Bandarlampung. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis berupa 5 butir soal essay serta video penjelasan. Hasil tes yang telah dilaksanakan pada beberapa soal komunikasi matematis menunjukan hasil yang baik. Terlihat dari presentase skor per butir soal yaitu soal nomor 1 diperoleh persentase 50% untuk indikator dalam menjelaskan ide, situasi secara lisan atau tulisan dengan bahasa sendiri. Soal nomor 2 dengan perolehan persentase 85% untuk indikator menyelesaikan masalah disertai aturan yang digunakan. Soal nomor 3 diperoleh persentase 85% dan soal nomor 4 memperoleh persentase 70 % untuk indikator menyelesaikan suatu masalah berdasarkan konsep matematika. Soal nomor 5 diperoleh persentase 25% untuk indikator mencari dan menyelesaikan model matematika ke dalam bahasa biasa.Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMA sudah cukup baik dan tergolong sedang ke sangat tinggi.

Kata kunci: Kemampuan, Komunikasi Matematis, Eksponensial.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Armiati, 2009. Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosional. Artikel dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN: 978 979-16353-3-2. (hal. 270 – 280)

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197-222.

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Infinity, 2(2).

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA Learning Media To Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability. Journal of Physics: Conference Series, 948 (1).

Dewi, P. S., & Septa, W. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31 – 39.

Hendriana, H. Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hujodo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prisma: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 53-69

Maskar, S., & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 40-47.

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principle And Standarts For School Mathematich.USA: NCTM.

Puspaningtyas, N. P. (2019). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24 – 30.

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 57 – 71.

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 48 – 55.

Vui, T. (2007). A Lesson that may Enhance Classroom Communication to Develop Student’s Mathematical Thinking in Vietnam. Paper presented at APEC TSUKUBA International Conference III.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.