KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS HOTS PADA MATERI POLA BILANGAN
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam penyelesaian soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi pola bilangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandat. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan wawancara dengan menggunakan instrument pendukung tes penyelesaian soal berbasis HOTS dan pedoman wawancara semiterstruktur. Keabsahan data dicek melalui triangulasi teknik dan member check. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS paling rendah pada level mencipta (C6). Sebagian besar siswa dikategorikan dalam kategori kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS. Siswa dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan semua soal dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah. Siswa kategori sedang mampu menunjukkan seluruh tahapan pada soal menganalisis tapi pada level yang lain siswa hanya memenuhi sebagian tahapan pemecahan masalah Siswa kategori rendah hanya memenuhi sebagian tahapan pemecahan masalah Polya pada setiap level soal HOTS.
Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, Penyelesaian Soal Matematika, Pola Bilangan
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A., & Pujiastuti, H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA SMP YPWKS CILEGON DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 247. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4370
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. In Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
As’ari, A. R., Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) Melalui Matematika. Universitas Negeri Malang.
Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., Yustiana, S., & Jupriyanto, J. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 162. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.162-171
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 170–176.
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197
Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Ni’mah, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (SNP2M).
Kunanti, E. S. (2021). Penyusunan Pengembangan Penilaian Berbasis HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3, 19–26.
Muhamad, B., & Saparahayuningsih, S. (2016). An Attitude and Character Instructional Development Based on Curriculum 2013 in Elementary School. Creative Education, 07(02), 269–277. https://doi.org/10.4236/ce.2016.72025
Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.21009/1.03201
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 18 PALEMBANG. Jurnal Gantang, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4
Purbaningrum, K. A. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Rahayu, D. S. (2019). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA MTS BERGENDER PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH. Factor M, 2(1). https://doi.org/10.30762/f_m.v2i1.1586
Rahayu, D. S., Gunawan, Y. A. U., Fitriana, D. A., Sari, Y. A., & Ariska, W. S. (2022). Pengembangan Prototipe E-Modul Matematika Berorientasi HOTS pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Mathema, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1805
Rahman, A., Asdar, A., & Surahman, N. I. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 119. https://doi.org/10.35580/imed11048
Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) POKOK BAHASAN POLA BILANGAN PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sofyan, F. A. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013. INVENTA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabetis.
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2297
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.