PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

Donna Avianty, Raras Kartika Sari

Abstract


Pembelajaran matematika memiliki konribusi yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Oleh karena itu dibutuhkan strategi khusus dalam pengemasan dan penyajian pembelajaran ini sehingga minat dan partisipasi siswa dapat semakin meningkat. Selain itu penilaian kompetensi siswa seharusnya dilakukan secara komprehensif, karena bukan hanya aspek kognitif saja yang dinilai, namun keseluruhan aspek yang ada yaitu aspek afektif dan psikomotorik, bahkan proses yang dialami siswa yang terus berkembangan selama pembelajaran tersebut juga adalah hal yang penting untuk dievaluasi dan di refleksikan. Pengembangan rubrik penilaian ini dianggap perlu karena berdasarkan hasil pengamatan sebelum penelitian, ada beberapa aspek kompetensi dari siswa yang seharusnya mendapatkan apresiasi dan refleksi menjadi hal yang lepas dari perhatian, tidak terevaluasi dengan baik, bahkan mungkin terabaikan. Rubrik penilaian ini dikembangkan berdasarkan tahapan 4D, yaitu:  Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa rubrik penilaian ini memiliki kevalidan yang baik dengan skor 4,10. Dan untuk kepraktisan dari rubrik penilaian ini mendapat skor 3,95 dengan kategori baik. Sedangkan untuk keefektifan dari rubrik penilaian ini 87% siswa SMP Kelas VII di kota Malang menyatakan bahwa rubrik ini efektif untuk menilai keseluruhan aspek kompetensi mereka dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, rubrik penilaian, pembelajaran berbasis proyek, aritmatika sosial


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Ed. 7 Jilid 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Gunawan, Muhammad Ali. (2009). Tugas dan Penyusunan Kriteria Penilaian (Rubrik). Artikel Pendidikan. (Online). (http://forumpenelitian.blogspot.c om/2009/09/. Diakses 21 Juni 2014 ).

Hamid, Sholeh. (2011). Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: DNA Press.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahmud, Rifah. (2013). Evaluasi Penilaian 2: Unjuk Kerja. Artikel Pendidikan. (Online). (http://rifahmahmud.staff.stainsal atiga.ac.id/2013/01/29/evaluasidan-penilaian-2-unjuk-kerja/. Diakses 17 Juli 2014).

Muslich, Masnur. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Rivo, Pandji. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Unjuk Kerja Materi Bangun Ruang Di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Jurnal Edu Ma. Vol. 5 No.2 Desember 2016 ISSN 2086 – 3918

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A sourcebook, (Indiana University, Bloomington : Indiana, 1974 )

Tianto. (2014). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Charisma Putra Utama.

Triyanto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.