EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN MIND MAPPING BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DIUKUR DENGAN KORELASI

Rina Wijayanti, Purwaning Budi Lestari, Rochsun Rochsun

Abstract


Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam keseluruhan waktu studi yang ditempuh tidak hanya mempelajari tentang kalkulus, geometri, statistika, aljabar, rumus-rumus, penurunan dan integral. Hal lain yang dipelajari mahasiswa pendidikan matematika adalah psikologi pendidikan. Tentu saja psikologi pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata kuliah sebelumnya yang telah disebutkan. Pentingnya mata kuliah psikologi pendidikan bagi mahasiswa pendidikan matematika membuat pendidik memilih metode pembelajaran yang dirasa tepat untuk mata kuliah ini. Metode Pembelajaran yang dipilih adalah mind mapping. Mind mapping disusun mahasiswa secara berkelompok kemudian pendidik yang berperan juga sebagai peneliti  mengukur hasil efektivitas Mind mapping terhadap hasil belajar mahasiswa di pekan ke-11 perkuliahan. Efektifitas penggunaan mind mapping terhadap hasil belajar diukur dengan analisis korelasi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika IKIP Budi Utomo angkatan 2021 kelas B sebanyak 22 mahasiswa. Hasil dari uji korelasi menunjukkan penggunaan metode pembelajaran Mind mapping memiliki korelasi positif yang signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah psikologi pendidikan mahasiswa matematika. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,763, dimana hal ini menunjukkan hubungan yang sangat kuat/erat.

Kata Kunci: psikologi pendidikan, mind mapping, korelasi, mahasiswa pendidikan matematika.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O.P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Buzan, Tony. (2009). Buku Pintar Mind Map . Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Hernowo. (2005). Quantum Writing. Bandung: Mizan Learning Center.

L. Sandra. (2012). Dinamika Psikologis Interaksi, Konsep Diri, Dan Identitas Online. Universitas Gajah Mada.

Ramadhani, dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan kita menulis.

R Wijayanti. (2020). Pengembangan modul statistika matematika untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa (studi kasus di IKIP Budi Utomo Malang). Jurnal Media Bina Ilmiah.

Rohman, Arif. (2009). Masalah Pembelajaran dan Upaya Pencarian Solusi Melalui Klinik . Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education. 1 (3).

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-undang Republik Indonesia. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Bandung: Citra Umbara.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.