PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI GEOTRI PADA MATERI GEOMETRI BERBASIS MOBILE LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP DHARMA WANITA 02 WAJAK perihal pengembangan media pembelajaran berbasis Mobile Learninng pada materi geometri bangun runag serta bangun datar yang dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa yang belum menggunakan media pembelajaran di proses belajar berlangsung. model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui validitas serta respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Mobile Learning di materi geometri bangun ruang dan bangun datar. Rancangan penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli serta angket respon siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis android ini memakai website kodular. Pemilihan aplikasi ini berdasarkan atas penggunaannya yang simpel serta mampu menggabungkan aplikasi pendukung media dengan media yang lain. Hasil penelitian diperoleh berasal validasi ahli serta guru matematika dengan persentase berturut-turut ialah 96% dan 96% kategori sangat valid. hasil implementasi pada siswa menggunakan menyampaikan angket memperoleh persentase 89,5% kategori sangat efektif serta efisien.
Kata Kunci: Aplikasi, Geometri, Mobile Learning
Full Text:
PDFReferences
Abdul, M. (2019). Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Laksana. Ardiansyah, A. A. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal Of
Educational Research And Review 3.1, 47-56.
Darwisyah, D. I. (2021). Berfikir Kesisteman Dalam Perencanaan Dan Pengembangan
Pendidikan Islam. Bjurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 225-237.
Fannie, R. D. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas Xii Sma. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi 8.1.
Huda, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (Cms) Untuk
Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce. Systematics 1.2, 81-88.
Krobo, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Puzzel Ball Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A Tk. Yppk. Santo Gabriel Arso Ii Kabupaten Keerom Papua. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2, 36-46.
Magdalena, I. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Daring Di Sekolah Mi Al- Istiqomah Cibodas. Nusantara, 4(1), 15-26.
Mulyani, F. A. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk) 3.1, 101-109.
Nugroho, A. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile
Learning Dengan Pendekatan Scientific. Euclid 2.1.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah 3.1, 171.
Pratama, R. A. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Data. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3.6, 771-777.
Rahayu, M. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Platform Android Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Velajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Skripsi ( Yogyakarta Uny), 65-66.
Rahmani. (2020). Pengembangan Dapur (Roda Putar) Eja Untuk Membaca Permulaan Pada
Kelas I Sekolah Dasar . Doctoral Dissertation, Universitas Wiraraja. Ritonga., G. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.
Safrina, K. M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui
Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika 1.1.
Salvita, D. (2019). Analisis Pengembangan Produk Kerajinan Kain Tenun Ikat Di Desa Rembitan (Studi Kasus Di Dusun Sade Kabupaten Lombok Tengah). Diss. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.
Siswono, T. Y. (2016). Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Sebagai Fokus Pembelajaran
Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 5. No.
.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2.2, 103-114.
Talizaro, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2.2, 103-104.
Warsita, B. (2010). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan
Inovatif. Jurnal Teknodik , 062-073.
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2288
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.