EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 GEDONGTATAAN DI ERA PANDEMI COVID 19

Ketut Wirnawa, Putri Sukma Dewi

Abstract


Dampak penyakit coronavirus (COVID -19). COVID-19 merupakan wabah penyakit menular berbahaya yang menyerang saluran pernafasan dan membuat penderitanya mengalami demam. Wabah coronavirus menyebabkan dampak bagi seluruh dunia termasuk dunia pendidikan. Saat ini siswa harus belajar jarak jauh dan dirumah mereka masing – masing. Agar pembelajaran tetap terlaksana maka digunakanlah sebuah media pembelajaran daring. Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan adalah media Powerpoint dan Google Classroom agar mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dikarenakan kondisi yang seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengunaan media power point terhadap hasil dan sikap belajar siswa mata pelajaran matematika dengan materi pokok statistika tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini mengunakan metode deskriftip dengan menggunakan postest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dan terpilih kelas XII IPA sebagai kelas sampel. Hasil dari penelitian digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan mengunakan analisis statistic deskriftip Dari hasi tersebut diperoleh rata-rata analisis statistic deskriftip kelas XII IPA 6 adalah senilai 91.43 dengan nilai rata – rata tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembajaran menggunakan media power point sangat efetif untuk meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: COVID – 19, Power Point,Google Classroom,Angket, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Arsyad, M. A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dzamarah, S. B. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hevitullah, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhada Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Skripsi. Palembang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Iswanto. (2007). Pola Hidup Sehat dalam Keluarga. Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas).

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Rohani, Ahmad. (2019). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sakinah. Siti. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Dalam Menggembangkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMKN 7 Pangkep. Skripsi.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Slavin. R. E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Person Education. New Jersey.

Suardi, Adila. (2019). Efektivitas Penggunaan Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhartoyo, Edi. (2005). Pengalaman Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah di SMA Negeri 1 Kasian Bantul. Seminar Nasional. Diperoleh pada tanggal 5 April 2018, dari http://staff.uny.ac.id.

Sulastri. (2017). Efektivitas Penggunaan Powerpoint

Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi.

UNDP. (2017). Human Development Report 2017. Oxford university Press, New York.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.