STUDI LITERATUR: KEMAMPUAN KOMUNIKASI METEMATIS MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL

Dwi Parinata, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis sendiri ialah cara untuk menyampaikan gagasan atau pemecahan masalah, strategi maupun solusi matematika baik secara lisan maupun tertulis. Karena  melalui  komunikasi peserta didik dapat bertukar  pikiran  dan  gagasan  serta  dapat  mengklarifikasi  pemahaman dan pengetahuan selama  proses  belajar  berlangsung. Dengan demikian kemampuan komunikasi matematis wajib dimiliki oleh setiap peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.  Penguasaan kemampuan komunikasi matematis sangatlah penting guna mencapai pemahaman matematika secara baik dan benar serta menjadikan seorang pelajar mampu bersaing di era kemajuan zaman dengan penguasaan kemampuan komunikasi matematis yang sempurna. indikator komunikasi matematis yakni mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam suatu permasalahan, menuliskan operasi perhitungan sesuai dengan maksud soal, menafsirkan solusi yang diperoleh ataupun menggunakan representasi menyeluruh untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya, Menggunakan tabel, gambar, model dan lain-lain untuk menyampaikan penjelasan serta kemampuan menjelaskan kesimpulan yang diperoleh.

Kata Kunci: Integral, Komunikasi matematis, Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. S. R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Bone (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Aufa, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Konteks Budaya Aceh untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa SMPN 1 Muara Batu (Doctoral dissertation, UNIMED).

Azizah, S. N., & Maulana, D. F. (2018, March). Analisis kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 222-228).

Azmi, S., Hayati, L., Hapipi, H., & Triutami, T. W. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 163-169.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Hajj, I. I. A., Lestari, K. E., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).

Hasina, A. N., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 575-586.

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29-35.

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183-196.

Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prisma, 7(1), 53-69.

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas Dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888-899.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487-493

Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9-19.

Mulqiyono, S., Yuniar, D., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa KELAS VIII Pada Materi Bangun Datar Segitiga Dan Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 599-606.

Murniarti, E., Nainggolan, B., Panjaitan, H., Pandiangan, L. E. A. M., & Widyani, I. (2018). Writing matrix and assessing literature review: A methodological element of a scientific project. Journal of Asian Development, 4(2), 133-146.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-7.

Parinata, D. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi YouTube dan Facebook terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11-17.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses Berpikir Lateral Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open- Ended Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 80-86.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Prosiding Semirata 2013, 1(1).

Rusdi, M., Fitaloka, O., Basuki, F. R., & Anwar, K. (2020:854). Mathematical Communication Skills Based on Cognitive Styles and Gender. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 847-856.

Rizqi, A. A. (2016, February :199). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui blended learning berbasis pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 191-202).

Rohid, N., & Rusmawati, R. D. (2019:29). Students' Mathematical Communication Skills (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesian Context. Anatolian Journal of Education, 4(2), 19-30.

Wahyuni, T. S., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18-23.

Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373-384.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49-54.

Tahmir, S., Sahid, S., & Erjun, D. (2022:71). The Description of Student's Mathematical Communication Skills in Solving Circle Problems in Term of Learning Style. SAINSMAT: Journal of Applied Sciences, Mathematics, and Its Education, 11(2), 63-72.

Tiffany, F., Surya, E., Panjaitan, A., & Syahputra, E. (2017:2163). Analysis Mathematical Communication Skills Student At The Grade IX Junior High School. Ijariie-Issn (O)-2395-4396, 3(2), 2160-2164.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Union, 6(2), 356818.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan youtube pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk materi integral di SMA.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.