STUDI PENDAHULUAN HUBUNGAN KORELASI MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Sofia Nurul Hikmah, Very Hendra Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi pendahuluan hubungan korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis ditemukan masih banyak siswa yang pemahaman matematisnya kurang dan motivasi belajarnya rendah, akibatnya hasil belajar yang didapat siswa kurang memuaskan atau kurang optimal.


Full Text:

PDF

References


Alan, U. F. dan Afriansyah E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. 11(1). 68-79

Anderha, R. R. dan Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(2). 1-7

Anderha, R. R dan Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 2(1). 1-10

Azka, Raekha. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Gaya Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM). 1(1). 23-31

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Dewi, Putri Sukma. (2018). Efektivitas Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA. 7(1). 11-19

Dewi, Putri Sukma. (2021). E-Learning: PBJL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2). 1332-1340

Darmadi, hamid. (2011). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fatimah, C., Wirnawa, K. dan Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1). 1-6

Kristiana, Sudirman dan Rapani. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. PEDAGOGI: Jurnal Pendidikan Dasar. 7(10). 2-12

Maskar, Sugama. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar Untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. PRISMA. 7(1). 53-69

Maskar, S. dan Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema: Jurnal pendidikan Matematika. 1(1). 40-47

Maskar, S. dan Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dan MA Darur Ridho Al-Irsyad Al Islamiyyah Pada Pembelajaran Daring Melalui Moodle. Journal Of Social Science and Technology for Community Services (JSSTCS). 2(1). 1-10

Mulyana, D., Gunadi, F. dan Nurhasanah, S. (2022). Keterampilan Mengajar Guru Matematika Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA di Masa Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 3(1). 310-316

Nasiti, F. N. F. dan Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1). 8-15

Oktoviani, V., Ainin N., Pitriyana, S., Pramuditya, S. A. dan Mawardah, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Vol 2. 49-63

Parnabhakti, L. dan Puspaningtyas, N. D. (2020), Pengaruh Media Power Point dalam Google Calssroom Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(2). 8-12

Pasaribu, M. F., Tanjung, D. S. dan Azelina D. (2020). Pengaruh Keterampilan Mangajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas V SDN 04 Pangkatan. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 6(2). 375-380

Puspaningtyas, N. D., Dewi, P. S. dan Maskar, S. (2021). Penerapan Metode Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 10(4). 2330-2341

Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses Berpikir Lateral Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(2). 80-86

Puspaningtyas, N. D. dan Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 3(6). 703-712

Saputra, V. H., Darwis, D. dan Febrianto, E (2020). Rancang Bangun Aplikasi Game Matematika untuk Penyandang Tunagrahita Berbasis Mobile. Jurnal Komputer dan Informatika. 15(1). 171-181

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, Mohamad. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1). 65-74

Ulfa, M. dan Saputra, V. H. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash dengan Pendekatan Matematika Realistil pada Hasil Belajar Siswa. Triple S (Journals on Mathematics Educatiom). 2(1). 12-21

Utami, Y. P. dan Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema:Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1). 24-31




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.