STUDI PENDAHULUAN: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK ISLAM ADILUWIH

Arieska Efendi, Sugama Maskar

Abstract


Studi ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi yang cukup terhadap model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah melalui studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu. Hasil dari studi ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran peranan Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran Flipped Classroom dapat diterapkan pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) karena mengkombinasikan pembelajaran di luar kelas dan di dalam kelas. Penelitian lainnya banyak menyebutkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7.

Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 218–225.

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–21.

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Rethinking education in the age of technology: The digital revolution and schooling in America. Teachers College Press.

Dewi, P. S. 2021. E-Learning: Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. PRISMA, 10(1), 97-105.

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 8(4), 250-260.

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. 2021. Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126.

Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1-6.

Huda, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Menggunakanmodel Flipped Classroom di Tengah Pandemi Covid-19: Peran Teknologi Dalam Pendidikandi Era Generasi Z.

Kartiningsih, Eka Diah. Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto. 2015.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMO. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19.

Maskar, S., & Wulantina, E. 2019. Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. INOMATIKA, 1(2), 110-121.

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. 2020. Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154-166.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. 2021. Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487-493.

Nasution, M., K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Parinata, D. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi YouTube dan Facebook terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11-17.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. 2021. Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. 2020. Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703-712.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. 2020. Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39.

Safiah, I. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. InJurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah(Vol. 2).

Suharno, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroomuntuk Pembelajaran Daring Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19kelas X.Ips Sma Negeri 1 Juwana Kab. Pati Tahun 2020. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 120–131.

Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 214–221.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. 2020. Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. 2020. Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24-31.

Wahyudin, W. (2021). Penerapan Blended Learning Model Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kejuruan (Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Di Masa Pandemi Covid-19)

Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. 2018. Blended learning method within Indonesian higher education institutions. Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol.6, No.2, hal.69-77.

Zed, Mestika. 2015. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.