ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MODEL ASYNCHRONOUS PADA SISWA SMKN 9 BANDAR LAMPUNG MELALUI GOOGLE CLASSROOM

Yuliza Putri Utami, Sugama Maskar

Abstract


Abstract

This study aims to determine the difficulty of learning mathematical models asynchronously through google classroom. The method used in this research is a mixed method with a convergent triangulation design (convergent) research type which is described descriptively. The sample selection technique used purposive sampling technique, so that the sample in this study were students of class XI AKL SMKN 9 Bandarlampung with a total of 33 students. Data collection techniques in this study were carried out by distributing questionnaires via google form and in the form of formative test questions with two-dimensional vector material. Data analysis in quantitative research uses mathematics learning outcomes based on descriptive statistics and classical learning, while data analysis in qualitative research uses student responses regarding learning difficulties in mathematics. The benefits of this research can be used as a reference for students in overcoming difficulties in learning mathematics with asynchronous models. The results of this study indicate that most students still have difficulty with internet constraints with very high criteria as much as 93.9%, so students feel bored, lazy, and lack enthusiasm when learning mathematics and classical mastery scores are declared incomplete because the percentage of mastery learning students classically 80%.

Keywords: Difficulty Learning Math, Asyncronous, Google Classroom

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika model asyncronous melalui google classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) dengan jenis penelitian concurrent triangulation designs (konvergen) yang dijelaskan secara deskriptif. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL SMKN 9 Bandarlampung dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner melalui google form dan berupa soal tes formatif dengan materi vektor dimensi dua. Analisis data pada penelitian kuantitatif menggunakan hasil belajar matematika yang dijabarkan berdasarkan statistik deskriptif dan ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan analisis data pada penelitian kualitatif menggunakan hasil respon siswa mengenai kesulitan belajar matematika. Adapun manfaat dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi siswa dalam mengatasi kesulitan belajar matematika model asyncronous. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa masih mengalami kesulitan terhadap kendala internet dengan kriteria yang sangat tinggi sebanyak 93,9%, sehingga siswa mudah merasa bosan, malas, serta kurang semangat saat belajar matematika dan nilai ketuntasan secara klasikal dinyatakan tidak tuntas karena persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≤ 80%.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Asyncronous, Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Adhiguna, A., Saefudin, Y. S., & Nasbey, H. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Asinkron Mandiri Berbasis Transformative Learning Berbantuan Google Classroom Pada Materi Fluida Dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Fisika,Vol. 10.

Anderha, R. R. (2021). Perkembangan Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Melalui Sejarah Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 1(2).

Anderha, R. R., & Maskar, S. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7.

Basri, M., Husain, B., & Modayama, W. 2021. University Students’ Perceptions in Implementing Asynchronous Learning During Covid-19 Era. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(3), 263-276.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

Cahyaningsih, U. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 266427.

Dewi, P. S. 2021. E-Learning: Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. PRISMA, 10(1), 97-105.

Efendy, A. 2021. Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47-56.

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 250-260.

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. 2021. Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126.

Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1-6.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamzah, A. 2021. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Handayani, A. S., & Ariyanti, I. 2021. Kemandirian Belajar Matematika Siswa Smp Disaat Pandemi Covid-19. In Urban Green Conference Proceeding Library (pp. 6-10).

Hikmah, S. N., & Maskar, S. 2020. Pemanfaatan aplikasi microsoft powerpoint pada siswa smp kelas viii dalam pembelajaran koordinat kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15-19.

Jana, P., & Pamungkas, B. 2018. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39

Maskar, S., & Wulantina, E. 2019. Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. INOMATIKA, 1(2), 110-121.

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. 2020. Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154-166.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. 2021. Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487-493.

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. EDUSAINTEK, 4.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72.

Parinata, D. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi YouTube dan Facebook terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11-17.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. 2021. Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. 2020. Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703-712.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. 2020. Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39.

Renaldi, D., & Saputra, V. H. 2021. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 2 KALIANDA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 25-31.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. 2021. Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48.

Saputra, W. 2020. Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 13-16.

Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. 2020. Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7-10.

Sudarmanto, E., Kurniullah, A. Z., Revida, E., Ferinia, R., Butarbutar, M., Abdilah, L. A., ... & Suyuthi, N. F. 2021. Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, A., Santosa, J., & Hilmawan, E. 2020. Pemodelan Dampak COVID-19 Terhadap Kebutuhan Energi di Indonesia. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 65-73.

Sugiyono, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, R., & Alyani, F. 2021. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2460-2470.

Suryananda, X. V., Persada, S. F., & Apriyansyah, B. 2022. Pengaruh Persepsi Pelajar dalam Penerimaan Pembelajaran Online Sinkron dan Asinkron (Studi Kasus: Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Jurnal Sains dan Seni ITS, 11(1), D149-D156.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. 2020. Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. 2020. Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24-31.

Utami, Y. P., & Puspaningtyas, N. D. 2021. Peranan E-Learning Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 44-49.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.