Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematika

Safia Sa'adilla, Sofiyan Sofiyan, Fadilah Fadilah

Abstract


Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah atau pencarian solusi dalam matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar memiliki kemampuan berpikir kritis adalah dengan memilih dan menerapkan strategi atau model pembelajaran matematika yang tepat. Untuk melningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan model Teams Games Tournament  pada pembelajaran matematika. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan SMP Negeri 10 Langsa. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Teams Games Tournament pada materi operasi himpunan berdasarkan hasil tes dan wawancara pada siswa kelas VII Khadijah. 1)Berdasarkan indikator memberikan penjelasan sederhana pada soal nomor 1, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 2)Berdasarkan indikator membangun keterampilan dasar pada soal nomor 2, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 3)Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 3, 3 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 4) Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 4, 4 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. 5) Berdasarkan indikator menentukan strategi dan taktik untuk menyelesaikan masalah pada soal nomor 3, 2 siswa yang mampu memenuhi indikator tersebut. Disarankan kepada pihak sekolah serta guru matematika agar dapat menerapkan model – model pembelajaran yang bervariasi untuk melatih kemampuan siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Afifah, U. N., Suwandono, S., & Oktaviani, D. N. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Two Stay Tawo Stray. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2732

Ainiyah, Q., Suyitno, H., & Winarti, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Pembelajaran PSPBL Berbantuan Smart Point Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 279–288. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AAnalisis

Alfajri, A. R., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2019). Kepraktisan Soal-Soal Higher Order Thinking Untuk Menghasilkan Soal Yang Praktis Untuk Siswa Kelas Xi Man 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 205–217. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.205-217

Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open-Ended Pada Materi Pecahan. Satya Widya, 33(1), 73. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p73-83

Fonna, M., Herizal, H., & Mulyadi, R. (2021). Analisis Self-Esteem Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. … Matematika, 2(1), 11–18. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/ar-riyadhiyyat/article/view/1339

Koto, M. J., & Priyanda, R. (2021). Analisis Kemampuan Critical Thinking Matematis Siswa dalam Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berbasis Virtual Di SMA Negeri 3 Bangko Pusako. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 2(1), 159–164.

Lilian Slow, V. R. M. T. N. (2020). Pengaruh Metode Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Dalam Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(2). https://doi.org/10.26418/jpp.v5i2.43091

Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dengan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(3), 427–434. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.427-434

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Perdana, S. A. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Priyanda, R. (2019a). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Cai Dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Muhammadiyah 9 Medan Effectivenes of Using Mathematics Learning Using Cai With Tutorial Type Towards Learning Results Senior H. Nomor, 50–57.

Priyanda, R. (2019b). PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. 2(2), 94–100.

Robbi’atna, L., & Subrata, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kebraon 1436 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2515–2524.

Suwarno, S. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(2), 110. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622

Widyaningsih, F., & Sanusi, N. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jkpm, 1(2), 17–23.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.