ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

Siti Siti Hajar, Sofyan Sofyan, Rizki Amalia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kecerdasan emosional dengan kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 7 Aceh Timur. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas VII-1 MTsN 7 Aceh Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi segiempat berdasarkan hasil tes dan wawancara pada siswa kelas VII-1 MTsN 7 Aceh Timur. 1) Kategori kecerdasan emosional tinggi subjek UA mampu menyelesaikan soal open-ended kemampuan penalaran matematis dengan dua indikator, 2) Kategori kecerdasan emosional tinggi subjek NA mampu menyelesaikan soal open-ended kemampuan penalaran matematis dengan dua indikator, 3) Kategori kecerdasan emosional sedang subjek SU mampu menyelesaikan soal open-ended kemampuan penalaran Matematis dengan dua indikator, 4) Kategori kecerdasan emosional sedang subjek ST mampu menyelesaikan soal open-ended kemampuan penalaran matematis dengan dua indikator, 5) Kategori kecerdasan emosional rendah subjek NU mampu menyelesaikan soal open-ended kemampuan penalaran matematis dengan satu indikator, 6) Kategori kecerdasan emosional rendah subjek SH mampu menyelesaikan soal open-ended kemampuan penalaran matematis dengan satu indikator.

 

 

Kata Kunci: soal open-ended, kemampuan penalaran matematis, dan kecerdasan emosional.


Full Text:

PDF

References


A.S, Ruslan dan Santoso, B. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurusan FMIPA UNNES. Volume 4 Nomor 2, Desember 2013. ISSN : 2086-2334.

Adinawan, M. C. 2016. Matematika SMP/MTs Jilid 1B Kelas VII Semester 2. Jakarta : Erlangga.

Adriani, Brisgita sarah. 2018. Analisis Tingkat Berpikir Geometris Mahasiswa Kelas B Yang Menempuh Mata Kuliah Geometri Bidang Program Studi Pendidikan Universitas Sanata Dharma Tahun Akademik 2017/2018 Menurut Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Arif dkk. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Emosional ( Motivasi ). Universitas Kanjuruhan Malang. Volume 2. Tahun 2019.

Gustiati, Maya. 2016. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar siswa. Program Pascasarjan Universitas Negeri Makassar.

Goleman, Daniel. 2016. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia.

Hidayat, P.W. dan Abdullah. 2018. Pengaruh pendekatan ctl dengan soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah. Volume 3 Nomor 1 2018.

Ibrahim. 2012. Pembelajaran Matematika Berbasis-Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Inayah, N. 2017. Pengaruh kemampuan penalaran matematis (mathematical reasoning) dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi pada materi statistika siswa kelas xi ipa sma negeri di kota palu. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako.Volume 6 Nomor 1, Maret 2017.

Jehabun, S, dkk. 2020. Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Vol.6. No.1, Januari – April 2020.

Khairunnisa, A. 2015 Matematika Dasar. Jakarta : Rajawali Pers.

Lestari. K.E. dan Mokhammad R.Y. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung : PT Refika Aditama.

Maryam, S. dan Abdul H.S.2016. Representasi siswa smp dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kemampuan matematika. PendidikanMatematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya.

Mutmainah, S. dan Rosyidah. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional.Pendidikan Matemtika UniversitasNahdlatul Ulama Lampung.

Oktavian, Veronika. 2021. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.

Santoso, E. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Universitas Majalengka.

Sumarmo Utari dkk. 2018. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung : Refika Aditama.

Yusmar, Muhammad. 2019 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga dan Segiempat. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.