IMPLEMENTASI ONLINE LEARNING MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY) DENGAN APLIKASI ISPRING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KARAKTER MANDIRI

Novita Novi Sari, Sofiyan Sofiyan, Rizki Amalia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan karakter mandiri pada materi program linear menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelle-Ctually) dengan aplikasi ispring. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas XI Mia 3 SMA Negeri 4 Kejuruan Muda yang berjumlah 25 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh bahwa  = 9.68 > ttabel(0,05;24) = 2,064 disimpulkan untuk menolak H0 dan terima Ha artinya pada taraf signifikan 0.05 bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran SAVI dengan aplikasi ispring. Berdasarkan hasil perhitungan angket karakter mandiri siswa persentase terhadap pernyataan positif adalah 56,32%  terletak pada rentang 50% < P < 75% artinya sebagian besar siswa telah memiliki kemandirian dalam menyelesaikan permasalahan program linear.

 KataKunci: Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually), Aplikasi Ispring, Hasil Belajar, Karakter Mandiri


Full Text:

PDF

References


Annisa, Hurriyatul. 2019. Astuti, Irnin Agustina Dwi. 2016. modul pembuatan media pembelajaran berbasis android.Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Dahria, Muhammad dan Ismawardi Santoso. (2009). Manfaat Powerpoint Dalam Presentasi Makalah. Jurnal Saintikom Vol. 6 No. 2 Agustus 2018

PLPG 2017 Mata Pelajaran /Paket Keahlian Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan 2017

Gunawan, Heri.2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alphabeta.

Hanum, Numiek Sulistyo. (2013). Keefektifan E–Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Valuasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 3 No. 1 Februari 2013.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta. PT Bumi Aksara

Hernawati, Kuswari. 2010. Modul Pelatihan Ispring Presenter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung:PT Refika Aditama.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan (terjemahan). Bandung : PT Mizan Pustaka

Nuryadi,Dkk.2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Nova, Deana Dwi Rita dan Novi Widiastuti. 2019. Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Jurnal Comm Edu. Vol 2 No 2 Mei 2019

Pasani, Chairil dan Mita Paramita. 2014. Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas VIII-C SMPN 13 Banjarmasin. JPM IAIN Antasari. Vol 01 No 2 Januari-Juni 2014

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riefmanto dan M. Ali Fikri.2015. Super Book Materi & Soal Jawab Matematika Dan IPA (Fisika, Kimia, Biologi) SMA/MA kelas XI. Jakarta: PT Grasindo

Sadiman, Arief s. (dkk). 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santosa, Dono. 2011. Bintang Kelas Kuasai Rumus Matematika SMA IPA. Yogyakarta: Cabe Rawit.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science Vol. 2 No.1 Oktober 2016.

Siregar, Nani Restati. 2017. Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suid, dkk. (2017). Analisis kemandirian siswa dalam proses pembelajaran di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 No. 5 April 2017.

Sulaiman dan Siti Nurma Nugraha. 2012. Intisari Matematika SMA/MA Kelas: 10, 11, 12. Jakarta: Laskar Aksara

Yuniasih, Nury.(2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Pencernaan Manusia Kelas V di SDN Cipto Mulyo 3 Malang. JIP Vol 8 No 2 Agustus 2018




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.