PERANAN E-LEARNING PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (SD)

Yuliza Putri Utami, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


E-learning adalah alat yang mampu mengubah metode pembelajaran tradisional karena memperkuat kapasitas pengajaran dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan semangat siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam e-learning matematika berdasarkan kemandirian yang sesuai dengan minat serta bakat melalui perkembangan fisik serta psikologis siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Peneliti ingin melihat bagaimanakah peranan e-learning pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan sepuluh siswa SD kelas 5B di SDN 1 Rajabasa Raya dengan teknik pengumpulan data dan informasinya melalui studi literatur dimana peneliti mencari referensi teori yang relevan sesuai kasus atau permasalahan yang ditemukan dan data nilai matematika tersebut didapatkan dari Ibu Sulaihah, S.Pd.I. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test), sehingga dari perlakuan tersebut akan didapatkan 2 data sampel yang berbeda, yaitu data nilai akhir matematika semester 1 (Tatap muka) dan semester 2 (E-Learning). Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil uji-t sebesar 7,150, dengan nilai signifikan 𝛼 sebesar 0,05,  = 2,228. Dengan kata lain, penelitian memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil yang sudah dilaksanakan. Jika dilihat melalui tabel 2, hasil penelitian ini memberikan pengaruh yang positif bagi peserta dengan adanya peningkatan serta perkembangan dalam e-learning matematika SD.


Full Text:

PDF

References


Alsabawy, A. (2016). Penentu kegunaan yang dirasakan dari sistem e-learning. Komputer dalam Perilaku Manusia. Jakarta: Universitas

Jagabaya.

Arasaratnam, S.L. (2017). Komunitas dalam pendidikan tinggi online: Tantangan dan peluang. Jurnal Elektronik e-Learning.

Baharudin, R. (2010). Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Bindhu. (2015). Dimensi Efektivitas e-learning Perspektif Teoritis. Jurnal Internasional Riset Ekonomi.

Claar. (2014). Penerimaan Siswa Sistem Manajemen Pembelajaran Studi Tentang Demografi Masalah dalam Sistem Informasi.

Surabaya: Universitas Dinamika.

Fatimah, C. & Puspaningtyas, N.D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di

MAN 1 Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika UNILA, 8(4), 250-260.

Hidayat, A. (2020). Student’s Perceptions of E-Learning During Covid-19 Pandemic. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),

-45.

Kishore. (2014). Pengamatan Empiris Peran Moderasi Faktor Usia pada Adopsi Perbankan Seluler di Pedesaan Karnataka. Jurnal

Internasional Pemasaran, Layanan Keuangan & Riset Manajemen.

Maskar, S. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inomatika.

Palvia. (2018). Pendidikan online: Status, tantangan, tren, dan implikasinya di seluruh dunia. Jurnal Manajemen Teknologi Informasi

Global, 21 (4): 233-241.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.

(1), 25-30.

Putri, L.A., & Dewi, P.S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema

Journal Pendidikan Matematika. 2(1), 32-39

Riwayadi. (2013). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia.

Jakarta: Imadiklus.

Schmitt. (2016). Mendefinisikan ulang pendidikan manajemen pengetahuan dengan dukungan perangkat manajemen pengetahuan

pribadi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Saputra, V. H. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika.

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema

Journal Pendidikan Matematika. 1(1), 48-55.

Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal

Ilmiah Matematika Realistik.

Utami, Y. P. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan

Matematika

Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). Study At Home : Analisis Kesulitan Belajar. Jurnal

Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 1(1), 20–26.

Yazdi, M. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. 2(1)




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.