PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BEKERJA DENGAN TIDAK BEKERJA PADA ANALISIS DATA KUALITATIF DAN KUANTITATIF

Lalu Saparwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja dengan mahasiswa yang tidak bekerja pada mata kuliah Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif pada program studi Administrasi Publik di STIA Muhammadiyah Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di STIA Muhammadiyah Selong. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja dengan mahasiswa yang tidak bekerja pada mata kuliah Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif pada program studi Administrasi Publik di STIA Muhammadiyah Selong. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang perbedaan hasil belajar mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja baik berdasarkan faktor internal maupun faktor eksternal.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: Teori, diagnosis dan remidiasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Jamaludin, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 198–210.

Mardelina, E., & Muhoan, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201–209.

Parma, & Saparwadi, L. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Komputer Melalui Program Maple di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 37–48.

Purwanto, H., Syah, N., & Rani, I. G. (2013). Perbedaan hasil belajar mahasiswa yang bekerja dengan tidak bekerja program studi pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil FT-UNP. CIVED, 1(1), 34–42.

Sa’dijah, C. (2014). Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstruktivisme. MIPA Dan Pembelajarannya, 36(2).

Sa’dijah, C., & Wahyuningsih, S. (2004). Pembelajaran Matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 11(1), 39–47.

Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185, 3(1), 39–46.

Saparwadi, L. (2018). Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Memahami Konsep Kalkulus Diferensial Dan Kalkulus Integral Dengan Menggunakan Maple. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 275–282.

Saparwadi, L. (2019). Negasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Saparwadi, L., & Aini, Q. (2016). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Program Linear: Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Tatsqif : Jurnal Penelitian Kependidikan FITK IAIN Mataram, 14(1), 32–47.

Saparwadi, L., & Cahyowatin. (2018). Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110.

Saparwadi, L., Purnawati, B., & Erlian, B. P. (2017). Siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan pada bilangan pecahan dan reversibilitas. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3, 60–66.

Saparwadi, L., Sa’dijah, C., Rahman, A., & Chandra, T. D. (2019). Reversible Thinking Ability in Calculus Learn-ing using Maple Software : A Case Study of Mathematics Education Students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1C2), 695–700.

Saparwadi, L., & Yuli Anita. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Akselerasi dengan Siswa Regular. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(03), 349–358.

Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple : Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.722

Sugihartono, & dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana peranda media group.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.