PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Nia Jusniani, Lenti Nurmasidah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran generatif dan menggunakan model pembelajaran biasa, serta untuk mengetahui sikap siswa menggunakan model pembelajaran generatif. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah. Adapun yang di jadikan sampel dalam penelitian ini di pilih sebanyak 2 kelas dari sebelas kelas yang ada, dipilih dengan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data hasil penelitian, digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket sikap siswa. Pengolahan data pencapaian kemampuan komunikasi matematis menggunakan persentase hasil nilai postes siswa sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan Mann-Whitney dan sikap siswa menggunakan persentase jawaban angket setiap siswa. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran generatif dengan kategori rendah, sedangkan pencapaian kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran biasa dengan kategori sangat rendah. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran generatif sebagian besar positif.

 


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri Sleman. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta. UNY, 3 Des 2011, ISBN : 978-979-16353-6-3.

Darkasyi, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelaajaran pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika. Banda Aceh. Vol. 1 No. 1, April 2014.

Elliot, P.C & Kenney, M.J (1996). Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. Reston. Va. NCTM.

Izzati, N & Suryadi, D. (2008). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta. UNY, 27 Nov 2010, ISBN : 978-979-16353-5-6.

Komala, E. 2016. Modul Penelitian Pendidikan Matematika. Universitas Suryakancana : Tidak Diterbitkam.

Kusumaningrum, R. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Karanglewas. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Purwokerto. [Online]. Tersedia: http://repository.ump.ac.id (13 Oktober 2017).

Putra, J. (2017). Learning Cycle 5e Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Regulated Learning Matematika. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana. Cianjur. Vol VI, No 1, Juni 2017.

Razali, N & Wah, Y. (2011). Power Comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling Test. Jurnal of Modeling and Analytics. University Teknologi MARA, 40450 Shah, Selangor, Malaysia. Vol. 2 No. 1 21-33, 2011.

Sugiana, I dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Mataram. Vol. II No. 2, April 2016.

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia [Online]. Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/BERFIKIR-DANDISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf. (15 Desember 2017).

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1, No.1, Februari 2012.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.