KURANGNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MAN 2 KEBUMEN

Muhamad Syahdan Said

Abstract


Lamanya pembelajaran daring menyebabkan siswa jenuh karena pembelajaran yang begitu-begitu saja, dan kurangnya pegawasan dalam pembelajaran. Tak hanya itu, terkadang pembelajaran secara daring ini hanya berisi tugas yang diberikan oleh pendidik lalu dikumpulkan setelah selesai melalui media daring. Hal inilah yang menyebabkan peserta didik mengalami penurunan motivasi dan keaktifan dalam belajar. Terlebih jika siswa sudah merasa tidak suka atau alergi dengan matematika. Siswa tentu merasa bosan dan semakin turun semangat belajar matematika. Bagi mereka matematika dianggap ilmu yang sulit dan rumit. Sebenarnya pelajaran matematika itu tidak hanya belajar rumus dan angka saja, tetapi lebih dari itu. Skill atau kemampuan kita sebenarnya bisa dilatih melalui matematika seperti pemecahan masalah, komunikasi matematis, ketelitian, dan lainnya. Seperti yang terjadi di MAN 2 Kebumen, yaitu terjadi penurunan motivasi atau semangat belajar matematika. Oleh karena itu, disini solusi yang ditawarkan yaitu dibutuhkan motivasi dan dukungan dari guru, siswa, dan lingkungan (keluarga) supaya siswa itu mempunyai motivasi atau semangat belajar yang baik. Serta guru perlu meningkatkan daya kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Misalnya guru menggunakan media dalam pembelajaran yang menarik supaya siswa menjadi tertarik dan lebih semangat dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Annur, Muhammad Firman, & Hermansyah. 2020. Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan. 11(2).

Damanhuri. 2020. Student Learning Motivation in the Pandemic Time Coovid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 3(1).

Febrianti, Ella Puspita. Motivasi Belajar Menurun Imbas dari Covid-19. Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat.

Hafida, dkk. Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang.

Handarini, Oktafia Ika, & Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(3).

Juniarti, Nia, dkk. 2015. Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4(2).

Sadikin, Ali, & Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2).

Saragih, Eva Margaretha, & Rahma Yunita Ansi. 2020. Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group selama Pandemi Covid-19 bagi Pelaku Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4 Tahun 2020.

Utami, Yuliza Putri, & Derius Alan Dheri Cahyono. 2020. Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR). 1(1).

Yanti, Helmi, Zaenuri, & Walid. 2020. Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.