ALAT UJI KADAR AIR PADA BUAH KAKAO KERING BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO

Rut Dias Valentin, Bintang Diwangkara, Jupriyadi Jupriyadi, Sampurna Dadi Riskiono, Elin Gusbriana

Abstract


Saat ini biji kakao (TheobromacacaoL) merupakan salah satu hasil pertanian yang memiliki harga jual yang cukup tinggi. Salah satu tahapan dalam pengolahan biji kakao adalah proses pemilihan kualitas kadar air biji kakao. Disini para petani mengalami kesulitan dalam mengecek kadar air karena sangat berpengaruh dalam penetuan harga jualnya. Berdasarkan hal tersebut peneliti membuat sebuah alat uji kadar air biji kakao dengan implementasi menggunakan sensor Soil Moisture, diprogram dan dibuat menggunakan Arduino IDE pada mikrokontroler arduino uno r3 yang sangat mudah penggunaanya dengan menancapkan ketumpukan biji kakao yang sudah dikumpulkan dalam wadah sehingga mempermudah petani dalam mengambil keputusan untuk menjual atau menjemurnya kembali supaya petani tidak rugi. Hasil pembacaan data dari sensor soil mosture peneliti menggunakan LCD monitor sebagai penampil hasil uji, LED warna hijau untuk kadar air bagus, LED warna kuning untuk kadar air sedang, dan LED warna merah untuk kadar air tinggi. Hasil penelitian memperlihatkan pengujian yang menggunakan wadah yang didalamnya sudah terdapat biji kakao dalam jumlah 1 kg dengan kondisi kadar air bagus hasil dari alat yang dijual yaitu 6% dan pada alat penelitian 6.5% jadi dapat diambil kesimpulan alat yang dibuat dapat digunakan untuk mengukur kadar air biji kakao dengan tingkat error yang kecil sebesar 0.5%.


Keywords


kakao; LED; mikrokontroller

Full Text:

PDF

References


Y.G. Lada, S. Supriyanto, dan P. Darmadji, “Pengaruh perendaman biji kakao kering dan bahan alat sangrai terhadap sifat fisik dan profil senyawa volatil kakao sangrai serta sifat sensoris cokelat batang yang dihasilkan,” J. Agritech, 2015, doi: 10.22146/agritech.9439.

R.U. Hatmi dan S. Rustijarno, “Teknologi pengolahan biji kakao menuju SNI biji kakao 01-2323-2008”, Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 2012.

R. Hayati dan H. Fauzi, “Kajian fermentasi dan suhu pengeringan pada mutu kakao (Theobroma cacao L.),” Jurnal Keteknikan Pertanian, vol. 26, no. 2, 2014

Z. Basri, “Mutu biji kakao hasil sambung samping,” Media Litbang Sulteng III, 2010.

A. Nurkholis dan I.S. Sitanggang, “A Spatial Analysis Of Soybean Land Suitability Using Spatial Decision Tree Algorithm,” in Sixth International Symposium on LAPAN-IPB Satellite (Vol. 11372, p. 113720I), Desember 2019.

M. Yahya, “Alat pengering hasil - hasil pertanian untuk daerah pedesaan di sumatera barat,” Jurnal Teknik Mesin (JTM), vol. 3, no. 2, pp. 26–31, 2013.

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

D.E. Kurniawan, M. Iqbal, J. Friadi, R.I. Borman dan R. Rinaldi. “Smart Monitoring Temperature and Humidity of the Room Server Using Raspberry Pi and Whatsapp Notifications,” In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012006) IOP Publishing, 2019.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.

S. Samsugi, N. Neneng dan B. Aditama, "IoT: kendali dan otomatisasi si parmin (studi kasus peternak Desa Galih Lunik Lampung Selatan)," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rut Dias Valentin, Bintang Diwangkara, Jupriyadi Jupriyadi, Sampurna Dadi Riskiono, Elin Gusbriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.