SISTEM OTOMATIS PEMBERIAN AIR MINUM PADA AYAM PEDAGING MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO DAN RTC DS1302

Agung Tri Wahyudi, Yoga Wahyu Hutama, Muhammad Bakri, Sampurna Dadi Rizkiono

Abstract


Ayam broiler merupakan ternak yang paling efisien menghasilkan daging dibandingkan ayam yang lain. Dalam pemeliharannya diperlukan ketersediaan air minum yang cukup dan sesuai dengan jadwal agar ayam terhindar dari gangguan metabolisme yang dapat menyebabkan kematian. Pemberian minum disesuaikan dengan umur ayam mulai dari umur 0-7 hari, 8-14 hari, 15-21 hari, 22-28 hari. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sistem otomatis berbentuk prototype dalam pemberian air minum yang memanfaatkan RTC DS1302 sebagai pemberi sinyal masukan untuk menginformasikan waktu yang sebenarnya ke Arduino UNO sebagai pengendali utama. Mini DC water pump digunakan sebagai actuator yang dapat mengalirkan air, module relay 4-channel digunakan untuk membuka dan menutup arus ke water pump,tombol push button untuk simulasi agar waktu dapat disesuaikan 10 detik sebelum pukul 07:00 dan pukul 17:00. Informasi saat air minum diisi ulang, air minum dialirkan,dan air minum dibuang ditamplkan lewat LCD Display 16x2. Jumlah air yang keluar di tempat minum ayam adalah 200 ml untuk setiap pengisian.


Keywords


air minum; Arduino UNO; ayam pedaging; RTC DS1302

Full Text:

PDF

References


I.T. Raharjo, R.E. Mudawaroch dan H.D. Arifin, “Nilai pH dan keempukan daging ayam broiler pengaruh penambahan sari kunyit (curcumadomestica val.) dan jahe (zingiberofficinale rocs) pada air minum,” Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan, vol. 4, no. 1, 2015.

D.L. Purwaningsih, “Peternakan ayam ras petelur di Kota Singkawang,” Jurnal Online Mahasiswa S1 Arsitektur UNTAN, vol. 2, no. 2, 2016.

Rasyaf, “Panduan beternak ayam pedaging,” Jakarta: Penebar Swadaya, 2012.

Fadillah, “Beternak ayam broiler,” Jakarta Selatan: Agro Media Pustaka, 2013.

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

S. Samsugi, N. Neneng dan B. Aditama, "IoT: kendali dan otomatisasi si parmin (studi kasus peternak Desa Galih Lunik Lampung Selatan)," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2018.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.

K. Pindrayana, R.I. Borman, B. Prasetyo dan S. Samsugi, "Prototipe Pemandu Parkir Mobil Dengan Output Suara Manusia Mengunakan Mikrokontroler Arduino Uno," CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 2, no. 2, 2018.

M. Ichwan, M.G. Husada dan M.I.A. Rasyid, “Pembangunan prototipe sistem pengendalian peralatan listrik pada platform android,” Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 13–25, 2013.

C.B. Affianto dan S. Surliyan, “Pembuatan prototipe alat pendeteksi level air menggunakan Arduino UNO R3,” Informasi Interaktif, vol. 1, no. 2, pp.104-110, 2016.

F.Y. Perdana dan E. Rakhman, “Sistem monitoring untuk catu daya berbasis aplikasi mobile,” In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, vol. 8, pp. 634-638, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i1.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agung Tri Wahyudi, Yoga Wahyu Hutama, Muhammad Bakri, Sampurna Dadi Rizkiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.