IMPLEMENTASI METODE FUZZY PADA SISTEM SIRKULASI UDARA BERBASIS INTERNET OF THINGS

Agum Anantama, Agus Wantoro, Imam Ahmad, Ajeng Savitri Puspaningrum, Lyla Putri Deviana, Mutiara Bulan Maharani

Abstract


Udara mempunyai peranan penting bagi kehidupan sehari-hari baik oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, Sehingga udara memiliki sumber daya alam yang harus selalu di lindungi untuk kelangsungan makhluk hidup maka dari itu kualitas udara harus di jaga. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas udara diantaranya gas karbon monoksida (CO) dan asap rokok. Pada permasalahan yang didapat dari pencemaran udara oleh gas CO dan asap rokok, maka dibuat sebuah sistem sirkulasi udara yang dapat mendeteksi gas CO dan asap pada sebuah ruangan untuk membersihkan udara pada ruangan tersebut. Sistem dibuat dengan menerapkan metode Fuzzy mamdani yang merupakan sebuah logika dengan nilai kekaburan atau kesamaran antara benar dan salah. Alat yang digunakan pada sistem ini yaitu menggunakan sensor MQ-7 untuk sensor pendeteksi gas CO, sensor MQ-2 untuk pendeteksi asap, mikrokontroler menggunakan Arduino robotdyn, kipas untuk membersihkan udara lalu buzzer untuk notifikasi serta tampilan menggunakan layar LCD. Sensor MQ-7 dan sensor MQ-2 akan membaca nilai dari gas karbon monoksida dan asap rokok, nilai akan dikirimkan ke Arduino robotdyn untuk pengolahan data menggunakan algoritma kendali Fuzzy Mamdani. Ouput yang dihasilkan akan digunakan untuk menggerakan kipas. Jika kadar gas CO dan asap rokok pada ruangan terdeteksi sedikit maka putaran kipas sedang untuk membersihkan kadar gas yang terdeteksi pada udara di sekitar ruangan tersebut sedangakan ketika kadar gas CO atau asap rokok terdeteksi banyak maka putaran kipas akan semakin kencang.

Keywords


Sirkulasi Udara; Fuzzy Mamdani; sensor MQ7; Sensor MQ2; IoT

Full Text:

PDF

References


Mukhammad, Z., 2020. Perancangan Sistem Pembersih Udara Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Kontrol Kipas Berbasis IOT (Internet Of Things) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Suryaningsih, S., Mindara, J.Y., Hidayat, S. And Chaerunnisa, I., 2017. Rancang Bangun Alat Ukur Kadar Gas CO Berbasis Nirkabel RF Untuk Pemantauan Kondisi Pencemaran Udara. JIIF (Jurnal Ilmu Dan Inovasi Fisika), 1(1), Pp.45-50.

Indriyaningtyas, S., Hasandy, L.R. And Dewantoro, B.E.B., 2021. Dinamika Konsentrasi Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) Selama Periode PSBB Menggunakan Komputasi Berbasis Cloud Pada Google Earth Engine. Majalah Ilmiah Globe, Pp.35-42.

Zulianza, N.D. And Deviana, H., 2018. Prototype Alat Pengukur Kadar Karbon Monoksida (CO) Pada Asap Rokok Di Dalam Smoking Room Menggunakan Logika Fuzzy. TEKNIKA, 12(2), Pp.85-94.

Hammado, N., 2014. Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan Dan Pembentukan Karakter Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 1(1), Pp.77-84.

Samsinar, R., Fikri, I. And Fadliondi, F., 2021. Perancangan Dan Implementasi Alat Pengukur Tingkat Polusi Udara Karbon Monoksida Dan Debu Berbasis Website Menggunakan Raspberry Pi. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 4(1), Pp.69-76.

Zagita, M.F.A.B., 2021. Rancang Bangun Sistem Pemantauan Dan Pengendali Kualitas Udara Diruang MI (Manual Insert) PT. Smart Meter. Jurnal Teknologi Elektro, 12(1), Pp.16-21.

Parlaungan, S., Faritcan, T. And Sudibyo, N.U., 2019. Rancang Bangun Sistem Pembersihan Dan Sirkulasi Udara Ruangan Terhadap Asap Menggunakan Mikrokontroler. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), Pp.41-53.

Ilhami, F.A. And Hendrawati, T.D., 2020. Alat Penetralisir Kadar Senyawa Kimia Pada Asap Rokok Berbasis Iot. SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), Vol. 2, Pp. 58-63.

Waworundeng, J.M. And Lengkong, O., 2018. Sistem Monitoring Dan Notifikasi Kualitas Udara Dalam Ruangan Dengan Platform Iot. Cogito Smart Journal, 4(1), Pp.94-103.

Pasaribu, M.L., 2019. Rancang Bangun Alat Pendeteksi Asap Rokok Berbasis Arduino Nano dengan Menggunakan Smartphone Android.

Rahmanto, Y., Rifaini, A., Samsugi, S. And Riskiono, S.D., 2020. Sistem Monitoring Ph Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam, 1(1), Pp.23-28.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v3i2.2346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agum Anantama, Agus Wantoro, Imam Ahmad, Ajeng Savitri Puspaningrum, Lyla Putri Deviana, Mutiara Bulan Maharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.