SISTEM MONITORING KEBERADAAN POSISI MOBIL BERBASIS GPS DAN PENYADAP SUARA MENGGUNKAN SMARTPHONE

Andre Setiawan, Agung Tri Prastowo, Dedi Darwis

Abstract


Keamanan merupakan hal yang dijadikan pertimbangan dalam kehidupan. Berbagai pengembangan inovasi dilakukan untuk lebih memberikan dan mengembangkan keamanan kendaraan terutama mobil. Meningkatnya kasus pelanggaran perampokkan mobil di Indonesia, menyebabkan dibutuhkannya suatu teknologi sistem GPS dan penyadapan suara di dalam mobil yang dapat membantu memberikan informasi berupa SMS dan telepon secara efisien. Pengembangan sistem monitoring dengan memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) dapat memberikan informasi berupa titik lokasi kendaraan berada. Selain itu, Ardunio digunakan untuk mengelola semua data yang masuk dan data yang keluar atau pengendali sistem secara keseluruhan yang telah diprogram melalui aplikasi Arduino IDE, modul GPS digunakan untuk menangkap titik koordinat lokasi kendaraan, SIM800L digunakan untuk mengirim SMS, transfer data melalui GPRS dan telepon secara otomatis, dan microphone digunakan untuk melakukan penyadapan suara yang berada di dalam mobil. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah sistem monitoring mobil dan penyadapan suara, ketika pemilik mengirimkan SMS dengan kode lokasi maka sistem akan mengirimkan titik lokasi kendaraan dan ketika pemilik menghubungi nomor telepon yang terpasang pada sistem maka sistem otomatis menjawab dan bisa mendengarkan suara di dalam mobil. Dengan adanya sistem GPS dan penyadap suara diharapkan bisa membantu pemilik ketika terjadi pencurian mobil.


Keywords


GPS; Mobil; Penyadap Suara; SMS; Telepon

Full Text:

PDF

References


Indartono, K. and Jahir, A., 2019. Prototype Sistem Keamanan Mobil Dengan Mengunakan Quick Response Code Berbasis Android dan Arduino. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(3), pp.235-244.

CNN, 2021. Hasil Sensus BPS: Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia Tembus 133 Juta Unit. Diakses 26 April 2021. https://www.gaikindo.or.id/data-bps-jumlah-kendaraan-bermotor-di-indonesia-tembus-133-juta-unit/.

Mahendra, D.C., Susyanto, T. and Siswanti, S., 2018. Sistem Monitoring Mobil Rental Menggunakan GPS Tracker. Jurnal Ilmiah SINUS, 16(2).

Hamedeko, C., Meidelfi, D. and Erianda, A., 2020. Sistem Monitoring Rental Mobil Berbasis Android Menggunakan GPS. Journal of Applied Computer Science and Technology, 1(2), pp.56-60.

Ramdan, S.D., 2020. Pengembangan Koper Pintar Berbasis Arduino. Journal ICTEE, 1(1).

Febriani, F., Mustira, R.P., Bakri, M. and Prasetyawan, P., 2021. Perancangan Alat Posisi pada Hewan Peliharaan. Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, 2(1), pp.106-120.

Surahman, A., Prastowo, A.T. and Aziz, L.A., 2022. Rancang Alat Keamanan Sepeda Motor Honda Beat Berbasis Sim GSM Menggunakan Metode Rancang Bangun. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 3(1).

Borman, R.I., Syahputra, K., Jupriyadi, J. and Prasetyawan, P., 2018. Implementasi Internet Of Things pada Aplikasi Monitoring Kereta Api dengan Geolocation Information System. In Seminar Nasional Teknik Elektro (Vol. 2018, pp. 322-327).

Nurkholis, A. and Anggela, Y., 2022. Web-Based Geographic Information System For Lampung Gift Store. Jurnal Teknoinfo, 16(1), pp.34-39.

Rahmanto, Y. and Hotijah, S., 2020. Perancangan Sistem Informasi Geografis Kebudayaan Lampung Berbasis Mobile. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 1(1), pp.19-25.

Gunawan, I.K.W., Nurkholis, A., Sucipto, A. and Afifudin, A., 2020. Sistem Monitoring Kelembaban Gabah Padi Berbasis Arduino. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), pp.1-7.

Akbar, M., Quraysh, Q. and Borman, R.I., 2021. Otomatisasi Pemupukan Sayuran Pada Bidang Hortikultura Berbasis Mikrokontroler Arduino. Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, 2(2), pp.15-28.

Seftiana, M., Najeri, A., Anggono, H. and Priandika, A.T., 2021. Sistem Pengelolaan Kebersihan Berbasis Mikrokontroler Arduino Pada Peternakan Unggas. Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, 2(2), pp.29-39.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v3i1.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andre Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.