PURWARUPA ALAT PEMBERI PAKAN DAN AIR MINUM UNTUK AYAM PEDAGING OTOMATIS

Rakas Prayoga, Ajeng Savitri Puspaningrum, Jupriyadi Jupriyadi

Abstract


Beternak ayam menjadi usaha yang dilakukan masyarakat Indonesia karena sebagian besar masyarakat mengkonsumsi daging ayam hampir setip hari. Pemberian pakan dan air minum ayam pedaging sangat penting dalam menunjang keberhasilan usaha peternakan ayam pedaging. Namun, banyak peternak ayam pedaging yang masih menggunakan cara manual dalam pemberian pakan dan air minum yang kurang efektif dan efisien karena akan memakan banyak waktu, biaya dan tenaga. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model sistem pemberian pakan dan air minum ayam pedaging. Model alat pakan dikembangkan menggunakan Arduino UNO dan untuk alat air minumnya menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai sistem kendali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada proses eksperimen. Untuk pemberian pakan, alat ini menggunakan RTC (Real Time Clock), servo sebagai buka tutup pintu pakan, motor DC sebagai penggerak, driver motor l298n sebagai pengatur kecepatan, dan sensor rotary encoder sebagai pengatur jarak. Sedangkan untuk pemberian air minumnya menggunakan sensor ultrasonik untuk mengukur ketinggian, lalu relay sebagai pembuka dan penutup arus, dan menggunakan solenoid valve yaitu keran air otomatis. Pengujian pada masing-masing komponen dan keseluruhan alat mennunjukan bahwa alat telah bekerja sesuai rancangan.


Keywords


Ayam Pedaging; Arduino UNO; NodeMCU ESP8266; Model Sistem

Full Text:

PDF

References


Simanjuntak, M.C., 2018. Analisis Usaha Ternak Ayam Broiler Di Peternakan Ayam Selama Satu Kali Masa Produksi. Jurnal FAPERTANAK: Jurnal Pertanian dan Peternakan, 3(1), pp.60-81.

WS, Huda Sholikin, 2011. Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler di Peternakan UD HADI Ps Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.

Amarudin, A., Saputra, D.A. and Rubiyah, R., 2020. Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Menggunakan Mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 1(1), pp.7-13.

Samsugi, S. and Burlian, A., 2019. Sistem Penjadwalan Pompa Air Otomatis Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontrol Arduino UNO R3. Prosiding Semnastek 2019, 1(1).

Samsugi, S., Gunawan, R.D., Priandika, A.T. and Prastowo, A.T., 2022. Penerapan Penjadwalan Pakan Ikan Hias Molly Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Dan Sensor RTC DS3231. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 3(2).

Samsugi, S., Neneng, N. and Suprapto, G.N.F., 2021. Otomatisasi Pakan Kucing Berbasis Mikrokontroller Intel Galileo Dengan Interface Android. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), pp.143-152.

Zainudin, Z. and Arsyad, M., 2020. Model Sistem Pemberi Pakan Pada Ternak Ayam Petelur Berbasis SMS Gateway. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 15(2), pp.89-96.

Surahman, A., Aditama, B., Bakri, M. and Rasna, R., 2021. Sistem Pakan Ayam Otomatis Berbasis Internet Of Things. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam, 2(1), pp.13-20.

Kristiawan, N., Ghafaral, B., Borman, R.I. and Samsugi, S., 2021. Pemberi Pakan dan Minuman Otomatis Pada Ternak Ayam Menggunakan SMS. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 2(1), pp.93-105.

Wahyudi, A.T., Hutama, Y.W., Bakri, M. and Rizkiono, S.D., 2020. Sistem Otomatis Pemberian Air Minum Pada Ayam Pedaging Menggunakan Mikrokontroller Arduino Dan Rtc Ds1302. Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, 1(1), pp.15-21.

Samsugi, S., 2018, May. Iot: Kendali Dan Otomatisasi Si Parmin (Studi Kasus Peternak Desa Galih Lunik Lampung Selatan). In Seminar Nasional Teknologi (Vol. 1, No. 1, pp. 511-517).

Silvia, A.F., Haritman, E. and Mulyadi, Y., 2014. Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. Electrans, 13(1), pp.1-10.

Rahmanto, Y., Rifaini, A., Samsugi, S. and Riskiono, S.D., 2020. Sistem Monitoring pH Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam, 1(1), pp.23-28.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v3i1.1643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rakas Prayoga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.