Sistem Keamanan Pada Ruangan Pribadi Menggunakan Mikrokontroler Arduino dan SMS Gateway

Rahmad Genaldo, Tri Septyawan, Ade Surahman, Purwono Prasetyawan

Abstract


Pembuatan alat ini bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan pada sebuah ruangan pribadi agar dapat mengurangi tingkat kehilangan barang-barang berharga yang ada didalam ruangan tersebut. Maka dirancang sebuah alat yang berjudul sistem keamanan pada ruangan pribadi dengan mikrokontroler Arduino dan SMS gateway yang bertujuan memberitahu kepada pemilik ruangan pada saat pemilik ruangan tidak ada didalam ruangan melalui sms gateway bahwa ada seseorang yang memasuki ruangan tanpa sepengetahuan si pemilik ruangan. Sistem yang dirancang terdiri dari beberapa bagian yaitu: catu daya, system kontrol, rangkaian mekanika dan program. Catu daya merupakan sumber daya untuk menjalankan seluruh sistem yang terdiri dari tegangan. Sistem kendali berupa rangkaian elektronik yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai pengolah data dengan mikrokontroller sebagai pusat kendali. Bagian selanjutnya adalah rangkaian mekanika yang berfungsi untuk mengatur buka tutup pada sebuah pintu di ruangan. Bagian terakhir adalah program yang berfungsi untuk mengatur mikrokontroler sehingga dapat bekerja sesuai dengan fitur yang dikerjakan.

Keywords


Arduino, sistem keamanan, SMS gateway

Full Text:

PDF

References


A. I. Yusuf, S. Samsugi, and F. Trisnawati, "Sistem Pengaman Pintu Otomatis Dengan Mikrokontroler Arduino Dan Module RF Remote," J. Ilm. Mhs. Kendali dan List., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.

A. Nurkholis, A. Riyantomo and M. Tafrikan, "Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining," Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

A. Nurkholis and I. S. Sitanggang, "Optimalisasi model prediksi kesesuaian lahan kelapa sawit menggunakan algoritme pohon keputusan spasial," J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 8, no. 3, pp. 192–200, 2020, doi: 10.14710/jtsiskom.2020.13657.

A. Nurkholis and I. S. Sitanggang, "A spatial analysis of soybean land suitability using spatial decision tree algorithm," in Sixth International Symposium on LAPAN-IPB Satellite, Dec. 2019, no. December, p. 113720I, doi: 10.1117/12.2541555.

A. Gifson, "Sistem Pemantau Ruang Jarak jauh dengan Sensor Passive Infrared berbasis Mikrokontroler AT89S52," TELKOMNIKA, vol. 7, no. 3, p. 201, 2009.

R. Suzuki, "Monitoring Daily Living Activities of Elderly People in a Nursing Home Using an Infrared Motion-Detection System,” Telemedicine Journal & Health, vol 12, April 2006.

Y. Rahmanto, A. Rifaini, S. Samsugi, and S. D. Riskiono, "Sistem Monitoring pH Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO," J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 23–28, 2020.

S. Samsugi, Z. Mardiyansyah, and A. Nurkholis, "Sistem Pengontrol Irigasi Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO," J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 17–22, 2020.

A. Pangestu, A. Z. Iftikhor, Damayanti, and M. Bakri, "Sistem Rumah Cerdas Berbasis IoT Dengan Mikrokontroler NodeMCU dan Aplikasi Telegram," J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2020.

A. S. Puspaningrum, F. Firdaus, I. Ahmad, and H. Anggono, "Perancangan Alat Deteksi Kebocoran Gas Pada Perangkat Mobile Android Dengan Sensor Mq-2," J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i2.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmad Genaldo, Tri Septyawan, Ade Surahman, Purwono Prasetyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jtikom

Email: jtikom@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknik dan Sistem Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.